Tanya:
Untuk pelaksanaan jamak ta’khir, shalat mana dulu yang harus dikerjakan? Sesuai urutan waktu shalat atau yang memiliki waktu?
(Ade Hambali)
Jawab:
Shalat jamak qashar disyariatkan sebagai rukhsah bagi umat Islam. dalilnya sebagai berikut:
وَإِذَا ضَرَبْتُمْ فِي الْأَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلَاةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا إِنَّ الْكَافِرِينَ كَانُوا لَكُمْ عَدُوًّا مُبِينًا
Artinya: “Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu menqashar sembahyang(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu”. (QS. An-Nisaa: 101).
Rasulullah SAW bersabda:
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: أَوّلَ مَا فُرِضَتِ الصّلاَةُ رَكْعَتَيْنِ فَأُقِرّتْ صَلاَةُ السّفَرِ وَأُتِمّتْ صَلاَةُ الْحَضَرْ
Dari Aisyah ra berkata: “Awal diwajibkan shalat adalah dua rakaat, kemudian ditetapkan bagi shalat safar dan disempurnakan ( 4 rakaat) bagi shalat hadhar (tidak safar)”. (Muttafaqun alaihi)
عن عائشة رضي الله عنها قالت:فرضت الصلاة ركعتين، ثم هاجر النبي صلى الله عليه وسلم ففرضت أربعا، وتركت صلاة السفر على الأول
Dari Aisyah ra berkata: “Diwajibkan shalat 2 rakaat kemudian Nabi hijrah, maka diwajibkan 4 rakaat dan dibiarkan shalat safar seperti semula (2 rakaat)”. (HR Bukhari).
كان رسول – ﷺ – يجمع بين صلاة الظهر والعصر إذا كان على ظهر سير، ويجمع بين المغرب والعشاء
“Rasulullah ﷺ menjamak antara shalat zuhur dan asar ketika berada dalam perjalanan, ia juga menjamak antara shalat maghrib dan isya” (HR. Bukhari)
Menurut Madzhab Syafi’i, seperti yang disampaikan Imam Nawawi dalam kitab Majmu dan imam dalam kitab al Iqna, karya Muhammad bin Khathib Asyarbini, jika jamak taqdim, maka harus berurutan, semisal zhuhur dengan ashar, maka dahulukan shalat zhuhur, magrib dengan isya, dahulukan shalat magrib. Namun jika jamak ta’khir, boleh memilih, misal dzuhur dengan ashar, boleh shalat zhuhur dulu, atau ashar dulu.
Wallahu a’lam.
Ingin bertanya? Kirim Pertanyaan