Fikih

Kenapa Kita Harus Salat?

Tanya:
Ustaz knp kita harus solat? (Al Basir – Sabah)

Jawab:
Wa’alaikum salam. Karena shalat perintah Allah Tuhan semesta Alam. Karena shalat perintah Allah, maka kita wajib melaksanakan. Kita hanya hamba dan ciptakan Allah, harus ikut oleh yang menciptakan kita.

Firman Allah terkait kewajiban shalat adalah sebagai berikut:

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: “Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra: 78).

Selain itu, dalam QS Hud ayat 114 juga menyebutkan hal yang serupa:

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

Artinya: “Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (QS Hud: 114).

Jadi, jangan tinggalkan shalat, karena kalau ditinggalkan mendapatkan dosa besar dan kelak masuk neraka. Wallahu a’lam bishawab. (Ustadz Wahyudi Sarju Abdurrahim, Lc., M.M.)

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker