Fikih

Siang Tidak Berpuasa, Apakah Malamnya Boleh Salat Tarawih?

Tanya:
Assalamualaikum nama saya nur ingin bertanya saya baru selesai haid dan mau mandi wajib pada jam 3 nah malam nya saya sudah bersih dan mau sholeh taraweh apakah boleh pergi taraweh jika tdk berpuasa saya tdk berpuasa pada siang jam 7 Masih ada yg keluar haid dan jam 12 udh bersih. (Nur – Malimongeng Kota Sinjai)

Jawab:
Wa’alaikumussalam. Shalat tarawih adalah shalat sunah ramadhan sebagai dalil berikut ini:

أَنَّهُ صلّى الله عليه وسلّم خَرَجَ مِنْ جَوْفِ اللَّيْلِ لَيَالِيْ مِنْ رَمَضَانَ وَهِيَ ثَلاَثُ مُتَفَرِّّقَةٍ: لَيْلَةُ الثَالِثِ, وَالخَامِسِ, وَالسَّابِعِ وَالعِشْرِيْنَ, وَصَلَّى فِيْ المَسْجِدِ, وَصَلَّّى النَّاسُ بِصَلاَتِهِ فِيْهَا, وَكَانَ يُصَلِّّْي بِهِمْ ثَمَانِ رَكَعَاتٍ, وَيُكَمِّلُوْنَ بَاقِيْهَا فِيْ بُيُوْتِهِمْ. رواه الشيخان

Artinya: “Rasulullah SAW keluar untuk shalat malam di bulan Ramadlan sebanyak tiga tahap: malam ketiga, kelima dan kedua puluh tujuh untuk shalat bersama umat di masjid, Rasulullah saw. shalat delapan raka’at, dan kemudian mereka menyempurnakan sisa shalatnya di rumah masing-masing. (HR Bukhari dan Muslim).

Tidak ada syarat bahwa tarawih dilakukan, dan ia harus puasa di hari sebelumnya. Jadi, selama anda sudah suci, silahkan jika hendak ikut shalat tarawih. Semoga Allah memberikan pahala berlipat untuk kita semua. Amin. Wallahu a’lam bishawab. (Ustadz Wahyudi Sarju Abdurrahim, Lc., M.M.)

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker