Akhlak

Mengatasi Rasa Waswas dalam Hati

Tanya:
Ustad belakangan ini saya kayak bicara dalam hati menghina apa lagi kepadanya saya takut, apa yg harus saya lakukan saya sudah istigfar tapi kadang balik lagi. (Tata, Tanjungpura)

Jawab:
Bisikan buruk dalam hati sesungguhnya merupakan bisikan setan. Ia menggoda manusia dan selalu membisikkan hal-hal buruk. Karena dari hati, akan timbul sikap tercela.

Terkait was-was dan bisikan setan dalam hati, disebutkan dalam firman Allah berikut:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ (١) مَلِكِ ٱلنَّاسِ(٢) إِلَٰهِ ٱلنَّاسِ (٣) مِن شَرِّ ٱلْوَسْوَاسِ ٱلْخَنَّاس(٤) ٱلَّذِى يُوَسْوِسُ فِى صُدُورِ ٱلنَّاس(٥) مِنَ ٱلْجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ(٦)

(1). Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia (2). Raja manusia. (3). Sembahan manusia. (4). Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, (5). yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, (6). dari (golongan) jin dan manusia.

Saran kami, sebelum tidur bacalah surat al-Fatihah, an-Naas, al-Falaq, al-Ikhlas, al-Kafirun, 5 ayat pertama dari surat al-Baqarah, ayat kursi dan 3 ayat terakhir dari surat al-Baqarah. Perbanyaklah baca istigfar. Semoga dengan ini, rasa was-was yang selalu menghinggapi hati bisa hilang. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)


Infak untuk pengembangan aplikasi Tanya Jawab Agama: Bank BNI Syariah No. Rekening 0506685897 a.n Muhamad Muflih


Tag

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close