Akhlak

Menggemari Artis K Pop

Tanya?
Assalamu alaikum

Afwan. Apakah mengagumi orang yang mungkin bukan dari muslim itu salah?

Soalnya jujur suka banget sama kpop gitu. Maaf kalau cara bertanyanya kurang baik dan sopan

Jawab:
Waalaikum salam

Sejatinya sebaik-baik idola bagi setiap muslim adalah Rasulullah dan para sahabat. Mereka yang akan membawa kita kebaikan dan kebahagiaan dunia ahirat. Mereka yang menuntun kita, dari kegalauan menuju kebahagiaan abadi.

Perintah meneladani rasulullah jelas perintahnya dalam al-Quran sebagaimana firman Allah berikut:

قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ ۖ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ ﮉ

Katakanlah (Hai Muhammad): Taatilah Allâh dan RasulNya. Jika kamu berpaling, maka Allâh tidak menyukai orang-orang yang kafir. [Âli ‘Imrân/3:32]

Nabi Muhammad saw bersabda:

مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ، فَاجْتَنِبُوهُ وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَافْعَلُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ، فَإِنَّمَا أَهْلَكَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ كَثْرَةُ مَسَائِلِهِمْ، وَاخْتِلَافُهُمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ. رواه مسلم

Apa saja yang aku larang kamu darinya maka jauhilah, dan apa saja yang aku perintahkan kepadamu, maka lakukanlah semaksimal kamu mampu. Sesungguhnya yang menyebabkan orang-orang sebelum kamu binasa adalah banyaknya pertanyaan mereka dan penyelewengan mereka terhadap (ketetapan) para nabinya. (HR.Muslim)

Easul juga berakhlak sangat mulia sebagaimana firman Allah berikut:

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

“Sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas akhlak yang agung.” (QS Al-Qalam [68]: 4).

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

“Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu (umat manusia), serta sangat menginginkan kebaikan untuk kamu semua, lagi amat tinggi belas kasihannya serta penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (QS Al-Taubah [9]: 128).

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

“Sesungguhnya terdapat dalam diri Rasul teladan yang baik bagi yang mengharapkan (ridha) Allah dan ganjaran di hari kemudian dan dia banyak menyebut Allah.” (QS Al-Ahzab [33]: 2l).

Para sahabat Nabi juga sangat jelas. Mereka berakhlak mulia dan layak untuk diteladani. Bahkan sikap mereka dipuji oleh Allah sebagaimana firman Allah berikut:

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Mereka kekal di dalamnya, itulah kemenangan yang besar.” (Q.S. At-Taubah: 100).Juga sabda rasulullah saw berikut:

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ يَجِيءُ قَوْمٌ تَسبِقُ شَهَادَةُ أَحَدِهمْ يَمِينَهُ وَيَمِيْنُهُ شَهَادَتَهُ

“Sebaik-baik manusia adalah generasiku (para Sahabat), kemudian yang datang sesudah mereka (Tabi’in), kemudian yang datang sesudah mereka (pengikut Tabi’in), lalu akan datang suatu kaum yang mana persaksian salah seorang di antara mereka mendahului sumpahnya dan sumpahnya mendahului persaksiannya.” (Muttafaqun ‘Alaih).

Untuk apakah menjadikan artis K Pop sebagai idola? Apakah dengan kita mencontoh mereka, lantas kita akan selamat dunia akhirat? Lebih baik menyibukkan diri dengan al-Quran dan mencari ilmu dengan banyak membaca atau mengaji dengan para guru mulia. Dengan ini, kita akan lupa dengan artis K Pop.

Bacalah sejarah Nabi dan sejarah para sahabat. Atau jika hendak menonton film, di youtube banyak sekali film tentang sejarah para Nabi, sahabat dan para pahlawan Islam. Film tersebut sangat mendidik, membekali kita dengan sejarah kepahlawanan Islam dan kita semakin bangga dengan agama dan tokoh kita. Betapa banyak dari orang Islam yang lebih mengenal artis K Pop dibandingkan dengan tokoh fenomenal seperti sahabat Hamzah, sahabat Bilal bin Rabbah, sahabat Yasir, Ibunda Aisyah, Khalifah Umar bin Abdul Aziz, sultan Al-Fatih, dan lain sebagainya.

Jika hendak cerita romantis, ada kisah ulama besar, Ibnu Hazm, yang berseri. Anda bisa tonton film-film tersebut. Meski romantis, namun sarat dengan nilai keislaman.

Mulailah cintai sejarah kita sendiri. Jangan terlena dengan Kpop. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Infak untuk pengembangan website dan aplikasi Tanya Jawab Agama: Bank BNI Syariah No. Rekening 0506685897 a.n Muhamad Muflih.

Wakaf untuk pembangunan Pesantren Almuflihun: Bank BNI No. Rekening 0425335810 a.n Yayasan Al Muflihun Temanggung.

Konfirmasi transfer +628981649868 (SMS/WA)

Tag

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close