Fikih

Shalat Fardhu di Belakang Imam yang Shalat Sunnah

Tanya:

Ustadz, bolehkah kita shalat fardhu bermakmum pada seseorang yang shslat sunnah? Mohon penjelasan bersama dalil atau hadist.

Jawab:

Para ulama dari kalangan mazhab Syafii dan Ahmad bin Hambal membolehkan shalat fardhu bermakmum dengan imam yang shalat sunnah. Dalilnya adalah hadis Mu’adz berikut ini:

أن معاذ بن جبل: كان يصلي مع رسول الله صلىوسلمو عشاء الآخرة. ثم يرجع إلى قومه، فيصلي بهم تلك الصلاة

Artinya: “Mu’adz bin Jabal pernah shalat Isya bersama Nabi Muhammad Saw lalu ia pulang ke kampungnya lalu shalat Isya bersama kaumnya.” (HR. Bukhari)

Dalam riwayat lain menggunakan lafal berikut:

عن جابر قَالَ: كَانَ مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ يُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعِشَاءَ, ثُمَّ يَنْطَلِقُ إِلَى قَوْمِهِ, فَيُصَلِّيهَا لَهُمْ, هِيَ لَهُ تَطَوُّعٌ, وَهِيَ لَهُمُ الْمَكْتُوبَةُ الْعِشَاءُ

Artinya: Dari Jabir berkata, “Mu’adz ra pernah shalat Isya bersama Nabi Saw lalu pulang ke kampungnya dan dia shalat (menjadi imam) bersama mereka. Bagi Mu’adz shalatnya adalah sunnah sementara shalat kaumnya adalah shalat wajib.” (HR. Syafii dalam kitab al-Umm)

Dalam kitab Majmû’, Imam Nawawi mengatakan bahwa seseorang dibolehkan shalat sunnah bermakmum dengan imam yang shalat wajib atau sebaliknya makmum shalat wajib sementara imam shalat sunnah.

Mazhab Abu Hanifah dan riwayat Dari Imam Malik menyatakan tidak boleh. Alasannya adalah terdapat perbedaan niat antara imam dengan makmum. Juga hadis Nabi Muhammad Saw yang berbunyi:

إِنَّمَا جُعِلَ الإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ

Artinya: “Sesungguhnya imam (dalam shalat) itu untuk diikuti, maka janganlah kalian berbeda dengan Imam.” (HR Bukhari dan Muslim)

Saya memilih pendapat pertama.

Wallahu a’lam

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M.)

Sumber: Fikih Praktis Anda Bertanya, Ustadz Menjawab
Bagi yang ingin memesan buku fisik, sila hubungi 0818266026.

===========================

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

 

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close