FikihUshul

Antara Ushul Fikih dan Fikih Sunnah

Tanya:
Apa korelasi / perbedaan yang mendasar dari Ushul fiqh dan Fiqhussunnah? Termasuk output dari keduanya?Terimakasih.

Jawab:

Ushul fikih adalah metodologi penggalian hukum fikih guna memahami nash al-Quran dan Sunnah. Sebagai sebuah metodologi, ia mempunyai kaidah dasar, baik kaidah yang diambil dari struktur bahasa Arab (qawaid lughawiyah) atau kaidah yang melihat dari sisi maqashid syariah. Hasil dari ijtihad dengan metodologi tersebut adalah hukum fikih.

Fiqih sunnah adalah nama kitab yang dikarang oleh salah seorang ulama azhar yang bernama syaikh Sayyid Sabiq. Disebut fikih sunnah, barangkali karena beliau berijtihad dengan ushul fikih, langsung merujuk pada al-Quran dan Sunnah nabi, tanpa terikat oleh satu madzhab tertentu.

Meski demikian, pendapat ulama madzhab selalu menjadi acuan dan pertimbangan dalam menentukan hukum fikih. Tidak jarang beliau menyebutkan sekian pendapat dari berbagai ulama madzhab. Kadang beliau langsung mengambil pendapat yang rajih. Namun ijtihad beliau, tetap menggunakan metodologi ilmu ushul fikih. Wallahu a’lam.

===================
Bagi yang hendak wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun yang diasuh oleh Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +20112000489

Tag

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close