FikihAkhlak

Bagaimana Menerima Takdir Ditinggal Nikah?

Tanya:
Assalamualaikum Ustadz, saya ingin bertanya bagaimana cara menerima takdir Allah? saya tiba2 ditinggal nikah si fulan. padahal 1minggu sblm menikah, kami bertemu bahkan sampai berzina ustadz😭 (Hamba Allah – Yogyakarta)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Zina adalah perbuatan maksiat dan dosa besar. Firman Allah:

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلً

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keju. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra: 32).

Allah SWT berfirman:

ٱلزَّانِى لَا يَنكِحُ إِلَّا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً وَٱلزَّانِيَةُ لَا يَنكِحُهَآ إِلَّا زَانٍ أَوْ مُشْرِكٌ ۚ وَحُرِّمَ ذَٰلِكَ عَلَى ٱلْمُؤْمِنِينَ

“Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina atau perempuan musyrik dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki berzina atau laki-laki musyrik dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mu’min.” (QS. Annur: 3)

Jika anda pernah berzina, maka anda harus bertaubat dengan perbanyak istigfar, memperbaiki diri dan tidak lagi melakukan. Termasuk juga tidak pacaran.

Adapun soal jodoh, itu menjadi rahasia Allah. Banyaklah berdoa agar diberikan jodoh yang shalih. Insya Allah jika kita baik, akan mendapatkan laki-laki baik.

Sekali lagi, jangan pacaran apalagi berzina, karena hanya akan membawa luka dan kesedihan. Selain ia juga dosa besar.

Dekatkan diri kepada Allah dan banyak berdzikir, karena dengan banyak berdzikir akan membawa ketenangan.

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).

Yakinlah, Allah menyiapkan sesuatu yang lebih baik untuk anda. Bisa jadi anda membenci sesuatu padahal itu merupakan kebaikan Allah untuk anda.

Semoga kita menjadi hamba-hamba-Nya yang selalu dalam naunga dan ridha-Nya. Amin. Wallahu a’lam. (Ustadz Wahyudi Sarju Abdurrahim, Lc., M.M.)

=============

Saat ini sedang merintis pembangunan Pesantren Modern Al-Muflihun. Bagi yang ingin wakaf tunai, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201000304569

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker