Fikih

Berniat Sedekah Setiap Subuh

Tanya:
Ustad, sya berniat ingin sodakoh subuh,, jika sudah waktu 40hari apakah uang y harus disalurkan? Atau boleh lebih dari 40hari,,,, jika uang y diberikan utk orang tua apa boleh? Apa termasuk sodakoh ustad? (Vika Rizkiyah, Cirebon)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Sedekah sunnah merupakan anjuran Allah dan mengandung banyak pahala. Firman allah:

لِيُنْفِقْ ذُوْ سَعَةٍ مِّنْ سَعَتِهٖۗ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهٗ فَلْيُنْفِقْ مِمَّآ اٰتٰىهُ اللّٰهُ ۗ لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا مَآ اٰتٰىهَاۗ سَيَجْعَلُ اللّٰهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُّسْرًا

Artinya: Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan. (Al Talaq ayat 7)

لَن تَنَالُوا۟ ٱلْبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُوا۟ مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنفِقُوا۟ مِن شَىْءٍ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٌ

Artinya: “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan (sebagian harta) yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS. Ali Imron: 92)

Waktu sedekah kapan saja, bisa sebelum atau setelah subuh, pagi hari atau siang hari. Semua mendapatkan pahala besar dari Allah. Jika anda besedekah dengan mengumpulkan uang di rumah waktu subuh, anda bebas untuk disalurkan kapan saja, baik sudah mencapai 40 hari, sebelum 40 hari atau lebih dari 40 hari. Hal terpenting dalam sedekah adalah niat yang ikhlas karena Allah.

Adapun memberikan sedekah kepada orang tua, itu dibolehkan dan dianjurkan. Bahkan orang tua menjadi prioritas dan urutan pertama dalam sedekah sebelum ke orang lain. Dalilnya sebagai berikut:

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

“Mereka bertanya tentang apa yang mereka infakkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu infakkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.” (QS. Al-Baqarah: 215).

Semoga anda bisa istiqamah dalam bersedekah, Allah meninggikan derajat anda, bahagia dunia akhirat dan kelak menjadi istana di surga. Amin.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M.)

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker