Fikih

Bolehkah Puasa Sunnah Setiap Hari?

Tanya:
Apakah kita dibolehkan puasa sunnah setiap hari selama setahun penuh selain waktu yg diharamkan? (Febrianto Gobel – Bolaang Mongondow)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Niat puasa sunnah itu baik. Hanya saja, jika setiap hari berpuasa, itu diharamkan sebagaimana dalil berikut:

لاَ صَامَ مَنْ صَامَ الأَبَدَ لاَ صَامَ مَنْ صَامَ الأَبَدَ لاَ صَامَ مَنْ صَامَ الأَبَدَ

“Tidak ada puasa bagi yang berpuasa setiap hari tanpa henti. Tidak ada puasa bagi yang berpuasa setiap hari tanpa henti. Tidak ada puasa bagi yang berpuasa setiap hari tanpa henti.” (HR. Muslim no. 1159, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash)

Jika anda ingin sering berpuasa, berpuasalah dengan puasa Daud, yaitu sehari puasa dan sehari tidak. Hal ini sesuai dengan hadis berikut:

إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.” (hr. Muslim)

Semoga kita semua selalu dibimbing untuk tetap taat dan istiqamah dalam beribadah kepada Allah. Amin. Wallahu a’lam bishawab.

Komentari
Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close