Akhlak

Bolehkan Menyingkat Ucapan Salam

Jamaah D1: Hukum mengucapkan “salaam” tidak lengkap “Assalamu’alaikum” bagaimana? Apakah tergolong bidah, seperti kulonuwun, sampurasun?

Jawaban:

Mengucapkan salam yang baik memang lengkap, yaitu lafal:

 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ketika kita menulis SMS, kadang untuk menulis lengkap dianggap kepanjangan, sehingga banyak yang menyingkat dengan “salam” saja.

Menggunakan kata “salam” saja dibolehkan. Lafal ini secara bahasa Arab benar dan sudah dapat dipahami. Kata ini juga terdapat dalam al-Quran, seperti firman Allah:

دَعْوَاهُمْ فِيهَا سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلامٌ وَآخِرُ دَعْوَاهُمْ أَنِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

 

Artinya: “Doa mereka (penghuni Surga) di dalam Surga adalah: “Subhanakallahumma” (Maha Suci Engkau Ya Allah), dan salam penghormatan mereka ialah: “Salaam” (kesejahteraan bagimu), serta penutup doa mereka ialah: “Alhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamin” (segala puji bagi Allah Rabb semesta Alam).” (QS. Yunus: 10)

سَلَامٌ قَوْلًا مِن رَّبٍّ رَّحِيم

 

Artinya: “(Kepada mereka dikatakan): "Salam", sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.” (QS. Yasin: 57)

Lantas apa harus dijawab? Iya. Jawabannya "Wa’alaikumsalam".

Kulonuwun, sampurasun dan sejenisnya bukan perbuatan bidah. Karena salam ini tidak terkait dengan perkara ibadah, namun muamalah. Hanya saja, menggunakn salam jauh lebih baik karena ia merupakan doa yang berpahala dan sebagai identitas seorang muslim.

Wallahu a'lam.

 

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M.)

Sumber: Fikih Praktis Anda Bertanya, Ustadz Menjawab
Bagi yang ingin memesan buku fisik, sila hubungi 0818266026.

===========================

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close