Fikih

Cairan Pekat Yang Keluar Ketika Kencing

Tanya:
Ustadz, saya mau bertanya. Kemarin ketika BAK di toilet saya dapat cairan pekat keluar dari kemaluan ketika saya mencucinya. Apakah ini madzi atau mani? mengingat ketika keluar saya tidak merasakan apapun. Karena saya ragu, akhirnya saya mandi janabah untuk melepas keraguan saya.
Syukron. (Hasyim)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Mani adalah air yang keluar dari kemaluan, karena mimpi basah atau lainnya dan keluar dengan cara memancar, bukan mengalir seperti air kencing. Hal ini seperti firman Allah berikut:

خلق من ماء دافق

(Manusia) diciptakan dari air yang terpancar.

Warna mani putih seperti santan dan lengket. Jika seseorang keluar mani maka wajib mandi. Dalilnya adalah firman Allah berikut:

وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا

Artinya: dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih) (QS. Al-Maidah: 6)

Adapun air yang keluar setelah kencing dan warna keruh, itu adalah air wadhi dan najis sedang. Ia hanya wajib disucikan biasa dan tidak wajib mandi.

Jika air bening seperti putih telur, lengket dan keluarnya tisak terasa, itu air madzi. Ia najis ringan dan cukup dipercikkan air. Ia juga tidak wajib mandi. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Infak untuk pengembangan aplikasi Tanya Jawab Agama: Bank BNI Syariah No. Rekening 0506685897 a.n Muhamad Muflih.

Wakaf untuk pembangunan Pesantren Almuflihun: Bank BNI No. Rekening 0425335810 a.n Yayasan Al Muflihun Temanggung.

Konfirmasi transfer +628981649868 (SMS/WA)

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker