Pemikiran

Contoh Penggunaan Hermeneutika dalam Tafsir Al-Qur’an

Tanya:
Hernemeutika itu apa ya pak tolong diberikan contohnya ?
(Muhammad Muri)

Jawab:

Hermeneutika sederhananya adalah menafsirkan al-Qur’an dengan melihat pada sisi kesejarahan al-Qur’an, lalu melihat realitas masyarakat saat ini, dan memaksa ayat tersebut untuk ditafsirkan dengan konteks saat ini sesuai dengan kehendak penafsir.

Contoh: 

1. Dahulu budak boleh digauli, sekarang karena sudah tidak ada budak, maka pasangan mana saja asal saling suka, silahkan untuk digauli (free sex)


2. Warisan zaman dulu perempuan mendapat separuh dari laki-laki dengan alasan perempuan tidak berkarir. Sekarang karena perempuan sudah berkarir, maka bagiannya harus sama dengan laki-laki.


3. Zakat di masa sekarang bisa diganti dengan pajak. Jadi jika sudah bayar pajak tak perlu lagi berzakat.


4. Hukum hudud hanya cocok untuk zaman dulu. Sekarang bisa diganti dengan hukuman penjara.

Dan masih banyak pandangan kontraversial lainnya yang bertentangan dengan pendapat para ulama, yang jika dibahas di sini tentu akan sangat panjang. Wallahu a’lam.


Bagi yang hendak wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun yang diasuh oleh Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +20112000489


Ingin bertanya? Kirim Pertanyaan

Tag

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close