FikihAkhlak

Dilema Ingin Merawat Ibu

Tanya:
Saya seorang perempuan…
Orang tua saya bercerai dan sudah menikah lagi…
Ibu saya menikah dengan Ayah tiri saya menghasilkan 1 orang anak laki2 yg saat ini berumur 10 tahun…
Ayah tiri saya sangat baik, dan saat ini dia baru seminggu MENINGGAL😭
Perasaan saya campur aduk..
Saya bersedih atas kepergiaanya, dan juga bingung bagaimana nasib ibu dan adik tiri saya, karena ibu saya tidak bekerja..
Saya sudah menikah dan punya tempat tinggal..
Apakah saya harus membawa keluarga inti saya tinggal dirumah ibu saya untuk menemaninya ?
Tapi disisi lain saya berat meninggalkan rumah kami😭suami saya juga begitu, karena banyak perjuangan saya pada rumah itu..namun saya kasihan sama ibu dan adik tiri saya, harus tinggal berdua, karena ibu saya sangat bergantung kepada Alm ayah tiri saya..
Saya dan ibu saya tinggal 1 kota..tidak terlalu jauh..
Mohon saran terbaiknya…apa yang harus saya lakukan😭😭😭

(Hamba Allah, Kalimantan Barat)

Jawab:
Allah telah memerintahkan kita semua untuk selalu berbakti kepada orang tua kita. Mereka yang telah membesarkan dan mendidik kita hingga dewasa. Andai seluruh umur kita, kita habiskan untuk berbakti kepada mereka, kebaikan mereka tetap belum dapat tergantikan. Terkait hal ini, Allah berfirman;

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua” (QS. An Nisa: 36).

Allah Ta’ala juga berfirman:

قُلْ تَعَالَوْا اَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ اَلَّا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًاۚ

“Katakanlah: “Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang tua..” (QS. Al An’am: 151).

Allah juga berfirman:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya” (QS. Al Isra: 23)

Untuk kondisi anda, anda bisa bermusyawarah bersama suami anda. Jika anda berat meninggalkan rumah, bisa saja orang tua yang anda bawa ke rumah anda dan tinggal bersama anda. Jika tidak memungkinkan juga, bisa saja anda tetap di rumah anda, namun setiap hari, anda harus menengok orang tua anda.

Anda bantu orang tua dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, misal datang dengan membawa masakan/makanan, atau lainnya. Insya Allah, dengan niat baik dan bakti anda kepada orang tua, maka kehidupan anda akan semakin berkah dan dimudahkan urusan oleh Allah. Amin.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Infak untuk pengembangan website dan aplikasi Tanya Jawab Agama: Bank BNI Syariah No. Rekening 0506685897 a.n Muhamad Muflih.

Wakaf untuk pembangunan Pesantren Almuflihun: Bank BNI No. Rekening 0425335810 a.n Yayasan Al Muflihun Temanggung.

Konfirmasi transfer +628981649868 (SMS/WA)

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker