Fikih

Doa Agar Memperoleh Ilmu yang Bermanfaat

Tanya:
Assalamualaikum ustadz,

Maaf ya Ustadz jika kata-kata saya sukar difahami kerna saya tidak bisa cakap bahasa Indonesia dengan baik tetapi saya coba.Saya ada masalah. Semasa di zaman sekolah, saya selalu sukar untuk belajar dengan baik. Saya lemah dan lambat untuk memahami pembelajaran. Im not a good student in academic.

Sama juga dengan pekerjaan saya. Semasa bekerja,apa saja informasi diberikan dan diajari pasti saya berasa susah/sulit/lambat untuk memahami. Saya berasa sedih dan tertekan . Saya minta pertolongan dari Ustadz apakah doa atau shalawat yang terbaik untuk masalah saya ini ? Terima kasih.
Ustadz. (Katijah – Malaysia)

Jawab:
Wa’alaikum salam. Semua ilmu datang dari allah dan kita hanya meminta ilmu kepada Allah. Jika kita kesulitan untuk belajar dan memahami, perbanyaklah baca shalawat lalu amalkan doa berikut ini:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya : “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima.“ (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu as-Sunni).

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ, وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَ مِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

Artinya: “Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu’, jiwa yang tidak pernah puas, dan doa yang tidak dikabulkan.” (HR. Muslim)

Semoga dengan membaca banyak doa ini, Allah memberikan kemudahan, keberkahan dan ilmu yang bermanfaat kepada kita semua. Amin. (Ustadz Wahyudi Sarju Abdurrahim, Lc., M.M.)

=============

Saat ini sedang merintis pembangunan Pesantren Modern Al-Muflihun. Bagi yang ingin wakaf tunai, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201000304569

Komentari

Tag

Materi terkait

Lihat Juga

Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker