Fikih

Haid Lebih Dari 15 Hari

Tanya:
Assalamualaikum .. Saya mau bertanya . Saya punya masalah haid , haid saya sering kali tidak teratur kadang ada jeda 2 sampai 3 bulan baru haid lagi . Alhamdulillah 3 bulan belakangan haid saya normal artinya tiap bulan saya mendapat haid .. Cuma haid saya bulan lalu belum selesai sampai sekarang dan sudah lewat 15 hari . Sebetulnya kemarin saya sudah mandi wajib karena darah haid sudah tidak keluar dan saya sudah melaksanakan sholat tetapi sehari sesudahnya darah haid keluar lagi . Jadi yang saya takutkan apabila saya mandi wajib dan melaksanakan sholat, darah yang keluar ini masih darah haid karena bulan-bulan sebelumnya haid saya tidak teratur . Mohon bantuan nya terima kasih. Wassalamualaikum. (Devi Trisnawati, Pacitan)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Jika kita selesai junub, maka wajib menadi sebagaimana firman Allah berikut ini:

وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا

“Dan jika kalian junub maka bersucilah.” (QS. Al-Ma`idah : 6)

Jika anda sudah usai masa haid, maka anda harus mandi. Batasan maksimal haid menurut madzhab Syafii adalah 15 hari. Artinya, jika anda haid lebih dari 15 hari, maka itu adalah darah istihadhah.

Setelah 15 hari, anda harus mandi dan shalat. Darah istihadah tidak harus mandi. Anda bersihkan darah istihadhah tersebut, berwudhu dan laksanakan shalat. Darah istihadhah adalah darah penyakit. Jika darah keluar lebih dari 15 hari, baiknya anda konsultasi kepada dokter. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Tag

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close