AkhlakFikih

Ingin Memberangkatkan Umrah, Utamakan Ibu atau Nenek?

Tanya:
Assalamu’alaikum wr wb

Kakek saya sudah meninggal sedangkan nenek tinggal bersama kami.
Lebih mengutamakan mana antara orang tua atau nenek?
Jika ingin memberangkatkan ibadah umrah, sedangkan biayanya pas pasan. (Rio Adhitama, Semarang)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Berbakti kepada orang tua adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan anak. Hal ini sesuai dengan firman Allah berikut:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ (الأحقاف : 15)

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila Dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri”.” (QS. Al-Ahqaf: 15)

Orang tua merupakan pintu bagi anak untuk masuk surga. Maka dikatakan dalam sebuah hadis bahwa seseorang dianggap rugi ketika masih ada orang tua namun tidak sempat berbakti kepada mereka. Dalam hadis disebutkan:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « رَغِمَ أَنْفُ ثُمَّ رَغِمَ أَنْفُ ثُمَّ رَغِمَ أَنْفُ ». قِيلَ مَنْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « مَنْ أَدْرَكَ أَبَوَيْهِ عِنْدَ الْكِبَرِ أَحَدَهُمَا أَوْ كِلَيْهِمَا فَلَمْ يَدْخُلِ الْجَنَّةَ ». صحيح مسلم

Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW bersabda:“Sungguh merugi, Sungguh merugi, dan Sungguh merugi”. Ditanyakan (kepada beliau), “Siapa wahai Rosululloh?”. Beliau menjawab : “Yaitu orang yang mendapati kedua orang tuanya atau salah satunya pada masa tua, namun ia tidak masuk surga.” HR Muslim

Sesunggungnya kakek nenek juga bagian dari orang tua kita. Anak juga mempunyai kewajiban untuk berbakti kepada mereka. Namun yang paling dekat dengan anak adalah orang tua sendiri. Mereka yang telah merawat sejak kecil hingga dewasa.

Sebuah kehormatan jika anak bisa memberikan sesuatu kepada mereka, Seperti halnya mengumrahkan mereka. Jika harta anda sekadar cukup untuk orang tua dan tidak cukup untuk nenek anda, maka orang tua didahulukan karena kedekatan tersebut. Meski demikian, pahala anda tetap berlipat karena niaatan anda yang sesungguhnya juga ingin mengumrahkan nenek. Anda insya Allah juga mendapatkan pahala dari niat tersebut.

Semoga kita semua selalu berjalan di jalan Allah dan selalu dapat berbakti kepada orang tua kita. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M.)

Pondok Almuflihun Temanggung untuk tingkat SMP/Tsanawiyah membuka pendaftaran santri tahfez al-Qur’an untuk putra periode 2021-2020.
Uang pendaftaran : gratis
Uang asrama : gratis
Uang pangkal : gratis
Uang SPP : gratis
Uang makan : Rp. 300,000/bulan
Anak yatim dan dhuafa, semua biaya gratis
Bagi yang berminat, hubungi Bapak Wasino: 0882-3282-2635
Alamat: Desa Tretep Kecamatan Tretep Kabupaten Temanggung Jawa Tengah
Bagi yang berminat, hubungi Bapak Wasino: 0882-3282-2635

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker