Tafsir

Keistimewaan Besi dalam Al-Quran

Tanya:
Assalamualaikum Ustadz,izin bertanya kenapa salah satu surat dalam Al-Qur’an dinamai Al-Hadid?
Apakah ada keistimewaan tersendiri dari besi sehingga sampai dijadikan nama surat?
Demikian, terimakasih banyak atas Jawabannya ustadz, wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh. (Baihaqi, Magelang)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Disebut surat besi atau Al-Hadid karena di dalamnya terdapat ayat yang menceritakan tentang besi yaitu:

قَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنَاتِ وَأَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتَابَ وَالْمِيزَانَ لِيَقُومَ النَّاسُ بِالْقِسْطِ ۖ وَأَنْزَلْنَا الْحَدِيدَ فِيهِ بَأْسٌ شَدِيدٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ وَرُسُلَهُ بِالْغَيْبِ ۚ إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ

“Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasulNya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (QS Al Hadid (57): 25)

Dengan disebutkannya besi, ini menunjukkan bahwa besi ini sangat penting dan harus menjadi perhatian serius umat Islam. Dalam kehidupan kita sehari-hari selalu membutuhkan besi. Jadi soal pentingnya besi, apa yang ada di sekitar kita sudah menjadi jawaban tentang pentingnya besi bagi umat manusia. Jika kita tengok ke rumah kita, selalu ada besi.

Ayat ini sekaligus memberikan isyarat kepada umat Islam untuk menguasai bahan tambang lainnya. Terkait manfaat besi dan bahan tambang lainnya, bisa dirujuk ke artikel dan sumber lain. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker