Fikih

Kesal Karena Suami Sering Chat Dengan Perempuan Lain

Pertanyaan:
Ustadz sya mw nanya, sya sdang skit hati dngn suami krna dy chat dngn wnita lain smpe mnta dikirimin foto ******** cwe itu, sya mnta pisah tp suami ga mw, n smenjak kjadian itu sya jd sring mrah n curigaan dngn suami, sya mrasa dy bkan suami yg baik untuk sya ,krna dy tdk mendekatkan sya dngn allah, klo tdk ada dy (dy krja smpe lrut mlm )sya mrsa lbih dkt dgn allah, bhkan dy sring dngn sngaja’a mninggalkan kwajiban’a, klo sya ingatkan dy hnya jwab ya tp tdk dikerjakan, dy sdah tdk prnah sholat jum’at , dy lbih suka maen game smpe rela ninggalin ank istri tngah mlm demi game, apakah suami sperti itu lyak untk di prthankan, terimakasih ustadz

Jawab:
waalaikum salam

Seorang istri ketika mengetahui suaminya menghubungi wanita lain, tentu akan sakit hatinya. Ini adalah lumrah, karena suami telah kehilangan izzahnya. Lantas apa yang harus dilakukan?

Pertama, berkomunikasi baik-baik dengan suami. Siapa tau, ada sesuatu yang salah paham, atau sesuatu yang harus diperbaiki bersama.

Kedua, nasihati suami baik-baik, agar ia selalu menjaga izzah (kehormatan) dengan tidak bermain-main dengan perempuan dan agar melaksanakan kewajiban agama. Mudah-mudahan dengan nasihat yang baik, suami bisa sadar.

Ketiga, doakan suami dalam setiap shalat. Agar ia sadar dari perilakunya yang tidak baik.

Keempat, tetap taat dan mengabdi kepada suami. Mengapa demikian, pertama, bisa jadi dengan ketaatan dan pengabdian Anda pada suami, maka suami akan sadar. Suami akan merasa bahwa istrinya adalah permata yang harus disayangi dan tidak disia-siakan. Istri adalah wanita salihah yang kelak akan bersama-sama berangkat menuju surga. Kedua, dengan ketataan anda kepada suami, menjadi sarana bagi anda menuju surga. Hal ini sesuai dengan sabda nabi berikut:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَصَّنَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ بَعْلَهَا، دَخَلَتْ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شَاءَتْ

“Apabila seorang isteri mengerjakan shalat yang lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya (menjaga kehormatannya), dan taat kepada suaminya, niscaya ia akan masuk Surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya.

Juga hadis berikut:

وَنِسَاؤُكُمْ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ: اَلْوَدُوْدُ الْوَلُوْدُ الْعَؤُوْدُ عَلَى زَوْجِهَا؛ اَلَّتِي إِذَا غَضِبَ جَائَتْ حَتَّى تَضَعَ يَدَهَا فِيْ يَدِ زَوْجِهَا وَتَقُوْلُ: لاَ أَذُوْقُ غَمْضًا حَتَّى تَرْضَى

“Wanita-wanita kalian yang menjadi penghuni Surga adalah yang penuh kasih sayang, banyak anak, dan banyak kembali (setia) kepada suaminya yang apabila suaminya marah, ia mendatanginya dan meletakkan tangannya di atas tangan suaminya dan berkata, ‘Aku tidak dapat tidur nyenyak hingga engkau ridha.’” (HR. Thabrani)

Juga hadis berikut:

فَانْظُرِي أَيْنَ أَنْتِ مِنْهُ، فَإِنَّمَا هُوَ جَنَّتُكِ وَنَارُكِ.

“Perhatikanlah bagaimana hubunganmu dengannya karena suamimu (merupakan) Surgamu dan Nerakamu.”  (HR. Ahmad)

Dan hadis berikut:

لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ ِلأَحَدٍ َلأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

“Seandainya aku boleh menyuruh seorang sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang wanita sujud kepada suaminya.” (HR. Ibnu Majah).

Terkait mempertahankan suami, itu tetap harus dipertahankan. Hal ini, karena perpisahan atau perceraian adalah sesuatu yang sangat dicintai setan dan dimurkai Allah. Sabda nabi Muhammad saw sebagai berikut:

أَبْغَضُ الْحَلَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى الطَّلَاقُ

“Halal yang paling dibenci Allah adalah thalak.” (HR. Abu Daud)

Juga sabda Nabi Muhammad saw berikut:

إِنَّ إِبْلِيسَ يَضَعُ عَرْشَهُ عَلَى الْمَاءِ ثُمَّ يَبْعَثُ سَرَايَاهُ فَأَدْنَاهُمْ مِنْهُ مَنْزِلَةً أَعْظَمُهُمْ فِتْنَةً يَجِىءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُولُ فَعَلْتُ كَذَا وَكَذَا فَيَقُولُ مَا صَنَعْتَ شَيْئًا قَالَ ثُمَّ يَجِىءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُولُ مَا تَرَكْتُهُ حَتَّى فَرَّقْتُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ امْرَأَتِهِ – قَالَ – فَيُدْنِيهِ مِنْهُ وَيَقُولُ نِعْمَ أَنْتَ

“Sesungguhnya iblis singgasananya berada di atas laut. Dia mengutus para pasukannya. Setan yang paling dekat kedudukannya adalah yang paling besar godaannya. Di antara mereka ada yang melapor, ‘Saya telah melakukan godaan ini.’ Iblis berkomentar, ‘Kamu belum melakukan apa-apa.’ Datang yang lain melaporkan, ‘Saya menggoda seseorang, sehingga ketika saya meninggalkannya, dia telah bepisah (talak) dengan istrinya.’ Kemudian iblis mengajaknya untuk duduk di dekatnya dan berkata, ‘Sebaik-baik setan adalah kamu.’” (HR. Muslim 2813).

Nabi Luth, istrinya kafir, namun tidak diceraikan. Istri Fir’aun itu mukmin, sementara firaun kafir namun tidak ada dalam sejarah, sang istri minta cerai kepada firaun. Keluarga tetap mereka pertahankan. Hal ini menunjukkan bahwa keluarga sangat penting.

Jika ada masalah, insyaallah ada solusi yang bisa diselesaikan. Jika ada konflik, bisa dimusyawarahkan bersama. Jika tidak bisa, bisa panggil perwakilan dari keluarga istri dan perwakilan dari keluarga suami untuk ikut berembuk, sebagaimana firman Allah Surat An-Nisa Ayat 35 berikut berikut:

وَإِنْ خِفْتُمْ شِقَاقَ بَيْنِهِمَا فَابْعَثُوا حَكَمًا مِنْ أَهْلِهِ وَحَكَمًا مِنْ أَهْلِهَا إِنْ يُرِيدَا إِصْلَاحًا يُوَفِّقِ اللَّهُ بَيْنَهُمَا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا خَبِيرًا

Artinya: Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Semoga suami Ibu bisa bertaubat, memberikan hak dan kewajibannya kepada Ibu. Semoga suami ibu bisa berubah menjadi suami shalih dan membawa keluarga Ibu menuju surga. Amin. Wallahu a’lam.


Bagi yang hendak wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun yang diasuh oleh Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +20112000489


 

Ingin bertanya? Kirim Pertanyaan

 

Tag

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lihat Juga

Close
Back to top button
Close
Close