Fikih

Laksanakan Salat di Awal Waktu

Tanya:
Saya mw bertanya ustad..ada yg berpendapat.jika diwaktu adzan isya kita boleh tidak berhenti melakukan hal apapun..contohnya ada latihan rebanaan gendangan habsiyan.diwaktu adzan mgrib mereka berhenti.dan diwaktu adzan isya mereka tdk berhenti..apakah hukumnya..dan apakah itu salah..terimakasih ustad. (Erly Winoreni, Kalimantan Selatan)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Sesungguhnya shalat boleh dilakukan kapan saja, yang penting masih dalam waktunya. Misal shalat isya dilaksanakan pada jam 12 malam, silahkan saja. Hal ini sesuai dengan firman Allah berikut:

إن الصلاة كانت على المؤمنين كتابا موقوتا (النساء [4] : 103)

“… Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. ” (QS. Annisa’ [4] : 103).

Meski demikian, jika berkumandang adzan, baiknya meninggalkan semua aktivitas dan bersegera untuk melaksanakan shalat sebagaimana firman Allah berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاَةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jum’at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al-Jumu’ah: 9).

Karena shalat terbaik adalah yang dilaksanakan di awal waktu sebagaimana sabda nabi berikut:

عَنْ أُمِّ فَرْوَةَ قَالَتْ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ « الصَّلاَةُ فِى أَوَّلِ وَقْتِهَا »

Dari Ummu Farwah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau pun menjawab, “Shalat di awal waktunya.” (HR. Abu Daud).

Hal ini, karena kita tidak tahu kapan ajal akan datang, sementara kewajiban kita belum terlaksana. Maka jika kumandang isya, silahkan untuk melaksanakan shalat Isya dulu secara berjamaah. Setelah itu, lanjutkan aktivitas. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc. M.M)

===
Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun yang diasuh oleh Ustadz Wahyudi Abdurrahim Lc, M.M, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker