Fikih

Masalah Air Seni yang Sering Keluar Saat Beraktivitas

Tanya:
Pak saya mau nanya , saya setelah kencing biasa ada air yang keluar lagi tp setelah 5 menit biasanya berhenti , tapi ustadz terkadang saat saya jongkok atau melakukan gerakan kadang ada sedikit air yang keluar kadang juga tidak . Saya tidak bisa pastikan karena kadang keluar kadang tidak dan saya merasa was was dalam sholat karena saya takut ternyata keluar waktu sholat karena waktu yang tidak menentu keluarnya air . Ini memberatkan saya pak ustadz karena saya harus mengecek sebelum dan sesudah sholat , lalu kalau saya sedang tidak bisa mengecek gimana ya pak misal sedang aktivitas .

Gimana ya ustadz solusinya saya takut ibadah saya gak diterima karena hal ini. (Iqbal, Rembang)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Menurut madzhab Syafii, jika seseorang punya penyakit beser, dalam artian ia sering keluar air seni, maka ia berwudhu ketika hendak shalat dan mengganti celananya itu. Setelah itu, bersegeralah melaksanakan shalat. Air yang keluar waktu shalat bukan lagi menjadi beban dirinya karena memang ini penyakit. Dalam kondisi seperti ini ia dimaafkan. Kaidah yang digunakan adalah:

المشقة تجلب التيسير

Maksud dari kaedah ini adalah bahwa jika anda terlalu berat, maka anda dibolehkan melaksanakan sesuatu yang ringan. Dalilnya adalah firman allah berikut:

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَـــــــا

Allah tak membebani hamba kecuali menurut kemampuannya. [QS Al-Baqarah: 286]

Ada dalam sebuah hadis dengan sanad sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Di sana beliau menyatakan:

إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ ، فَسَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا ، وَاسْتَعِينُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَىْءٍ مِنَ الدُّلْجَةِ

Artinya, “Sesungguhnya agama itu mudah. Dan selamanya agama tidak akan memberatkan seseorang melainkan memudahkannya. Karena itu, luruskanlah, dekatilah, dan berilah kabar gembira! Minta tolonglah kalian di waktu pagi-pagi sekali, siang hari di kala waktu istirahat dan di awal malam,” (HR. al-Bukhari [39] dan Muslim [2816]).

Allah juga berirman

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

Artinya, “Allah menghendaki kalian kemudahan dan tidak menghendaki kesulitan,” (Q.S. al-Baqarah [2] : 185).

Jadi ibadah anda tetap sah dan gunakan cara termudah untuk anda. Semoga allah segera memberikan kesehatan bagi anda. Amin.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Infak untuk pengembangan website dan aplikasi Tanya Jawab Agama: Bank BNI Syariah No. Rekening 0506685897 a.n Muhamad Muflih.

Wakaf untuk pembangunan Pesantren Almuflihun: Bank BNI No. Rekening 0425335810 a.n Yayasan Al Muflihun Temanggung.

Konfirmasi transfer +628981649868 (SMS/WA)

 

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker