FikihAkidah

Membacakan Dan Memercikkan Air ke Barang Baru

Tanya:
Bagaimana hukumnya barang atau kendaraan yang baru di beli, kemudian dibacakan doa, dipercikan air melalui cabang pohon kemudian dipukulkan ke barang tersebut? (Delfian Thanta, Bolaang Mongondow)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Ketika kita mendapatkan barang baru, yang harus kita lakukan adalah bersyukur kepada Allah dengan mengucapkan alhamdulillah dan menggunakan barang tersebut sebaik mungkin sesuai dengan hukum syariat. Tidak ada contoh dari Rasulullah saw ketika mendapatkan barang baru, kemudian didoakan dan mengambil dahan pohon untuk digunakan memercikkan air ke barang baru tersebut.
Jika anda mempunyai barang baru, bersyukurlah. Rasulullah saw bersabda:

مَنْ أَكَلَ طَعَامًا ثُمَّ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا الطَّعَامَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ . قَالَ : وَمَنْ لَبِسَ ثَوْبًا فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (حسنه الألباني في “صحيح أبي داود”)

“Barangsiapa yang setelah makan kemudian membaca:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا الطَّعَامَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ

“Segala puji hanya milik Allah yang telah memberikan makanan ini kepadaku dan memberikan rezki kepadaku tanpa ada daya dan kekuatan dariku.” Maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.

Beliau juga bersabda, “Barangsiapa memakai pakaian baru dan berdoa:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ

“Segala puji hanya milik Allah yang telah memakaikan baju ini dan memberikan rizki kepadaku tanpa daya dan kekuatan dariku.” Maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Abu Daud’)

Artinya ketika mendapatkan nikmat makan, ia bersyukur dengan mengucapkan alhamdulillah.
Ketika mendapatkan pakaian baru juga bersyukur,sebagaimana dalam hadis:

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

“Ya Allah, hanya milikmu segala pujian, Engkau yang memakaian pakaiannya. Saya memohon kepada-Mu dari kebaikannya dan kebaikan yang karenan dia dibuat. Saya berlindung kepada-Mu dari keburukan dan keburukan yang karenanya dia dibuat.”

Abu Nadhroh berkata, “Biasanya para shahabat Nabi sallallahu alaihi wa sallam ketika salah seorang di antara mereka memakai pakaian baru, dikatakan kepadanya,

تُبلي وَيُخْلِفُ اللَّهُ تَعَالَى

‘Semoga (baju tetap bersama anda) sampai lusuh. Dan semoga Allah menggantikannya.’ (HR. Abu Daud)

Jika anda mendapatkan kendaraan baru, bacakan saja doa sebagaimana hadis berikut:
Dari Abdullah bin Amr Radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا اشْتَرَى أَحَدُكُمُ الْجَارِيَةَ أَوِ الْغُلامَ أَوِ الدَّابَّةَ فَلْيَأْخُذْ نَاصِيَتَهُ وَلْيَقُلِ : اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيَّرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ

Apabila kalian membeli budak perempuan atau budak lelaki atau hewan tunggangan, pegang ubun-ubunnya, dan baca doa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيَّرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ

Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiat yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa (HR. Nasai)

Atau anda berdoa berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْها

“Ya Allah berkahilah dia untukku”

Semoga Allah memberikan keberkahan terhadap nikmat yang Allah berikan kepada kita semua. Amin.

===

Pesantren Almuflihun Tretep Temanggung untuk tahun ajaran 2021-2022 akan mulai program tahfiz dengan kuota maksimal 20 santri. Bagi yang berminat, silahkan hubungi 0882-3282-2635 (Pak Wasino)

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker