Fikih

Mengganti Utang Puasa Bertahun-tahun

Tanya:
Assalamualaikum pak ustadz…

Pak ustadz saya Sukarti dari Jakarta
Saya mau nanya.
Saya punya hutang puasa bertahun-tahun dan lupa jumplahnya dan saya berniat untuk membayar hutang puasa dimasalalu ini…

Yang saya mau tanyakan apakah saya cuma Menganti puasa dan saya kira-kira berapa apa Menganti puasa dan membayar fidyah yang mana ya pak ustadz tolong pencerahannya. (Sukarti, DKI Jakarta)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Jika seseorang sengaja tidak puasa di masa lalu dengan sengaja, yang pertama harus dilakukan adalah bertaubat dan memohon ampun kepada Allah. Hal ini karena ia telah bermaksiat kepada Allah dengan meninggalkan perintah Nya. Jika kita bertaubat insya Allah, Allah akan menerima taubat kita. Firman Allah:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az Zumar: 53).

Juga firman Allah berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).” (QS. At Tahrim: 8)

Kemudian anda mengqadha puasa Anda. Jika anda lupa, anda perkirakan kira-kira berapa lama anda tidak puasa dan dijumlahkan berapa hari. Lalu anda mengqadha puasa sesuai dengan perkiraan Anda tersebut. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Infak untuk pengembangan aplikasi Tanya Jawab Agama: Bank BNI Syariah No. Rekening 0506685897 a.n Muhamad Muflih.

Wakaf untuk pembangunan Pesantren Almuflihun: Bank BNI No. Rekening 0425335810 a.n Yayasan Al Muflihun Temanggung.

Konfirmasi transfer +628981649868 (SMS/WA)

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker