Fikih

Meninggalkan Keragu-raguan

Tanya:
Apa ayat Al-Qur’an dan apa hadits yang tepat untuk membahas sikap skeptis atau selalu waspada? (Nurul Fajriyah, Jakarta Utara)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Sering ragu-ragu sesungguhnya adalah penyakit yang harus dihindari. Obatnya adalah bersegera mungkin untuk memilih salah satu hal yang meyakinkan. Misal anda sudah wudhu, lalu anda ragu apakah sudah batal atau belum, maka anda masih wudhu. Anda mengambil status awal itu. Dalam kaidah ushul istilahnya:

بقاء ماكان على ما كان

Intinya adalah menentukan hukum awal atas sesuatu.

Terkait perintah meninggalkan keragu-raguan ini, disebutkan dalam hadis berikut:

عَنْ أَبِي مُحَمَّدٍ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ سِبْطِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم وَرَيْحَانَتِهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: حَفِظْت مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم “دَعْ مَا يُرِيبُك إلَى مَا لَا يُرِيبُك  رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَالنَّسَائِيُّ، وَقَالَ التِّرْمِذِيُّ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ

Dari Abu Muhammad al-Hasan bin ‘Ali bin Abi Thalib, cucu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kesayangannya Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: “Aku telah hafal dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : ‘Tinggalkan apa yang meragukanmu kepada apa yang tidak meragukanmu’.” [HR. Tirmidzi dan Nasa`i). Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

===
Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Komentari

Tag

Materi terkait

Lihat Juga

Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker