AkhlakFikih

Menyebarkan Hoaks saat Puasa

Tanya:
Assalamualaikum ustadz
Berhubung kita tahu bahwa bohong itu bisa merusak pahala puasa, apakah sama juga ketika seseorang -karena ketidaktahuannya- menyebarkan (share) kabar hoax di whatsapp. biasanya orang-orang desa yang masih awam soal literasi digital banyak tanpa sengaja melakukan itu ustadz. Barakallahu fiikum. (Adnan Yusufi – Banyumas)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Bohong adalah perbuatan terlarang dan berdosa sebagaimana Allah Ta’ala jabarkan dalam firman-Nya,

إِنَّمَا يَفْتَرِي الْكَذِبَ الَّذِينَ لاَ يُؤْمِنُونَ بِآيَاتِ اللّهِ وَأُوْلـئِكَ هُمُ الْكَاذِبُونَ

“Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta” (QS. An-Nahl [16]: 105).

Juga firman Allah berikut:

لَوْلاَ يَنْهَاهُمُ الرَّبَّانِيُّونَ وَالأَحْبَارُ عَن قَوْلِهِمُ الإِثْمَ وَأَكْلِهِمُ السُّحْتَ لَبِئْسَ مَا كَانُواْ يَصْنَعُونَ

“Mengapa orang-orang alim mereka, pendeta-pendeta mereka tidak melarang mereka mengucapkan perkataan bohong dan memakan yang haram? Sesungguhnya amat buruk apa yang telah mereka kerjakan itu” (QS. Al-Maidah [5]: 63).

Jadi janganlah kita berbohong. Bagaimana dengan share berita bohong? Tentu juga berdosa. Oleh karena itu, hati-hatilah share berita. Jika anda tidak yakin benar bahwa berita ini adalah benar, tak usahlah di-share. Cukup berhenti di diri anda saja. Hal ini karena semua perbuatan kita, kelak akan dipertanggungjawabkan di sisi Allah sebagaimana firman Allahberikut:

وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (Al Israa’: 36)

Kita juga perlu terus mengkampanyekan kepada orang-orang yang belum terlalu paham terkait literasi digital, agar jangan mudah menyebarkan kabar yang tidak pasti kebenarannya. Memang saat ini orang-orang yang baru mengenal dunia internet cenderung mudah menyebarkan kabar-kabar bodong tersebut. Teruslah edukasi masyarakat.

Semoga kita semua selalu selamat dari perbuatan dosa. semoga Allah menjaga lisan kita agar tidak mudah berbohong serta menjaga tangan kita untuk tidak mudah menyebarkan berita bohong. Wallahu a’lam bishawab.

============
Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan pondok almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung

Komentari
Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close