Fikih

Menyisipkan Nama Anak yang Sudah Meninggal Pada Anak Kedua

Tanya:
Assalamualaikum.. ustadz saya mau tanya mengenai pemberian nama untuk anak Tanya:

Assalamualaikusaya .. saya mempunyai 2 orang anak anak pertama usia 2 bulan meninggal dunia dan sekarang di berikan Rizki keturunan lgi oleh Alloh SWT ..yang mau saya tanyakan bolehkah apabila nama anak pertama saya yang sudah meninggal saya selipkan untuk nama anak kedua saya ustadz… anak pertama saya ๐ŸŒธnashwa Naura auni Wahyudi
Dan nama anak kedua saya rencananya
๐ŸŒธNashwa Kirana Arumi Wahyudi
Terimakasih atas jawabannya ustadz (Ria Hariani, Tuban)

Jawab:
Waaalaikum salam
Alhamdulillah rabbil alamin. Selamat. Semoga menjadi anak yang saleh. Betapa bahagianya sebuah keluarga yang dikaruniai anak. Ia bisa menimbulkan rasa senang dan hiasan dalam kehidupan. Oleh karena itu, Allah berfirman:

ุฒููŠู‘ูู†ูŽ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุญูุจู‘ู ุงู„ุดู‘ูŽู‡ูŽูˆูŽุงุชู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽู†ููŠู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูŽู†ูŽุงุทููŠุฑู ุงู„ู’ู…ูู‚ูŽู†ุทูŽุฑูŽุฉู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฐู‘ูŽู‡ูŽุจู ูˆูŽุงู„ู’ููุถู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูุณูŽูˆู‘ูŽู…ูŽุฉู ูˆูŽุงู’ู„ุฃูŽู†ู’ุนูŽุงู…ู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุฑู’ุซู ุฐูŽู„ููƒูŽ ู…ูŽุชูŽุงุนู ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ุนูู†ุฏูŽู‡ู ุญูุณู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูŽุฆูŽุงุจู

Dijadikan indah pada pandangan (manusia) kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (surga). [Ali Imran:14].

ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽู†ููˆู†ูŽ ุฒููŠู†ูŽุฉู ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽุงู‚ููŠูŽุงุชู ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญูŽุงุชู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ุนูู†ุฏูŽ ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ุซูŽูˆูŽุงุจู‹ุง ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ุฃูŽู…ูŽู„ุงู‹

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi shalah adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik menjadi harapan. [Al Kahfi:46].

Bukan hanya hiasan, anak yang salih juga tabungan bagi orang tua. Tatkala kedua orang tua sudah meninggal, pahala dari anak soleh yang selalu mendoakan dirinya, akan mengalir kepada orang tuanya. Anak kelak dapat menuntutn kedua orang tua menuju surge. Sabda Rasulullah saw:

ุฅูุฐูŽุง ู…ูŽุงุชูŽ ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ุงู†ู’ู‚ูŽุทูŽุนูŽ ุนูŽู…ูŽู„ูู‡ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ู…ูู†ู’ ุซูŽู„ุงุซู : ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉู ุŒ ุฃูŽูˆู’ ุนูู„ู’ู…ู ูŠูู†ู’ุชูŽููŽุนู ุจูู‡ู ุŒ ุฃูŽูˆู’ ูˆูŽู„ูŽุฏู ุตูŽุงู„ูุญู ูŠูŽุฏู’ุนููˆ ู„ูŽู‡ู

Artinya: โ€œJika seorang anak Adam mati, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang berdoa untuknya.โ€ (HR Muslim)

Anak juga mempunyai hak, yang harus diberikan kepadanya. Di antara hak anak itu adalah memberikan nama yang baik. Hal itu, karena nama bagian dari doa orang tua kepada anak. Maka berilah nama yang baik. Kelak di hari kiamat, setiap orang akan dipanggil sesuai dengan namanya. Sabda Rasulullah saw:

ุนู† ุฃุจูŠ ุงู„ุฏุฑุฏุงุก ู‚ุงู„: ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‘ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ุฅู†ูƒู… ุชูุฏุนูˆู† ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ ุจุฃุณู…ุงุฆูƒู… ูˆุฃุณู…ุงุก ุขุจุงุฆูƒู… ูุฃุญุณู†ูˆุง ุฃุณู…ุงุกูƒู…

Dari Abu Dardaโ€™, ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : โ€œSesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalianโ€ (HR. Abu Dawud, Ad-Darimi dan Baihaqi).

Tidak mengapa nama anak anda yang sudah meninggal untuk dikaitkan atau disisipkan namanya kepada anak Anda. Penamaan anak terkait dengan muamalah duniawiyah. Jika namanya indah, sah-sah saja. Semoga ia menjadi anak shalihah. Amin.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Infak untuk pengembangan website dan aplikasi Tanya Jawab Agama: Bank BNI Syariah No. Rekening 0506685897 a.n Muhamad Muflih.

Wakaf untuk pembangunan Pesantren Almuflihun: Bank BNI No. Rekening 0425335810 a.n Yayasan Al Muflihun Temanggung.

Konfirmasi transfer +628981649868 (SMS/WA)

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker