AkhlakTak Berkategori

Mertua Tidak Menyukai Saya Karena Berbohong Sebelum Menikah

Tanya:

Assalamualaikum ustadz. Sy Aulia.sy baru 1 minggu menikah. Tpi mertua ku tdk suka sy bersama suamiku. Krn mertuaku kecewa sy bohongi. Sblum menikah sy bkg sy dokter dan pas akad semuax ketahuan dan suamiku ikut kata org tuanya apa yg harus sy lakukan ustad.?

Jawab:

Wa’alaikum salam
Berbohong adalah sesuatu yang sangat terlarang, karena selain merugikan dan menyakiti hati orang, juga akan merugikan dan menyakiti diri sendiri. Terkait larangan berbohong ini, Allah berfirman:

إِنَّمَا يَفْتَرِي الْكَذِبَ الَّذِينَ لاَ يُؤْمِنُونَ بِآيَاتِ اللّهِ وَأُوْلـئِكَ هُمُ الْكَاذِبُونَ

“Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta” (QS. An-Nahl [16]: 105).

Rasulullah saw bersabda:

إِيَّاكُمْ وَكَثْرَةَ الْحَلِفِ فِى الْبَيْعِ فَإِنَّهُ يُنَفِّقُ ثُمَّ يَمْحَقُ

“Hati-hatilah dengan banyak bersumpah dalam menjual dagangan karena Ia memang melariskan dagangan namun malah menghapuskan keberkahan.” (HR. Muslim).

Rosulullah saw menekankan kepada kita:

إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ(وفى رواية لمسلم: إِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ) حَتَّى يَكُوْنَ صِدِّيْقًا. وَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُوْرِ، وَإِنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ(وفى رواية لمسلم: وَإِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ) حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّاباً. رواه البخاري ومسلم

“Hendaklah kalian selalu berlaku jujur karena kejujuran membawa kepada kebaikan dan kebaikan mengantarkan seseorang ke surga dan apabila seseorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur maka akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan dan kejahatan mengantarkan seseorang ke neraka dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allah sebagai Pendusta alias pembohong.” (HR. Bukhari).

Namun karena anda telah berbohong sehingga membuat orang kecewa dan sakit hati, maka yang harus anda lakukan adalah memohon maaf sebesar-besarnya, mengatakan sesuatu secara terbuka dan jujur dan berjanji untuk tidak mengulangi. Anda komunikasikan kepada suami dan mertua anda baik-baik, dan anda sesali dari lubuk hati anda yang terdalam bahwa anda salah serta telah bertaubat. Insya Allah dengan ungkapan maaf dan penyesalan yang sesungguhnya, anda akan mendapatkan banyak kebaikan dan hubungan anda akan membaik.

Perbaiki juga ibadah Anda, kerjakan shalat malam dan setelah itu banyak beristighfar kepada Allah.perbanyak kebaikan. Karena kebaikan akan dapat menghapus semua kesalahan. Sabda nabi Muhammad saw:

اتق الله حيثما كنت ، وأتبع السيئة الحسنة تمحها، وخالق الناس بخلق حسن

“Bertakwalah kepada Allah di manapun anda berada. Iringilah perbuatan dosa dengan amal kebaikan, karena kebaikan itu dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik” (HR. Ahmad)

Semoga anda dapat membentuk keluarga sakinah, mawadah dan rahmah. Amin.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc. M.M)


Bagi yang hendak wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun yang diasuh oleh Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +20112000489


 

Ingin bertanya? Kirim Pertanyaan

 

Tag

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lihat Juga

Close
Back to top button
Close
Close