Tafsir

Mimpi Bertemu Baginda Nabi Muhammad Saw

Tanya:
Assalamualaikum maaf pak ustadz saya mau nanya, malem kemarin jam set 3 malam saya bermimpi pak bertemu baginda nabi muhammad saw, dalam mimpi saya itu saya ada di lapangan hijau, dan disana ada masjid seperti mas, lalu mimpi saya tersebut ada alm, ustd. Jefri dan alm. Olga syaputra, disana ada kursi mas yang diduduki Rasullullah, tetapi saya melihat seluruh tubuh dan wajah baginda itu cahaya yg sangatttttt terangggg sepeti lampu, ia memakai jubah putih panjang, lalu alm. Ustad jefri memberi tahu saya kalau itu adalah baginda nabi muhammad saw, seketika itu saya langsung menangis dan bershalawat, lalu baginda nabi muhammad saw menghampiri saya dan mengusap kepala saya, seketika hati saya bergetar saya menangis dengan sejadi-jadinya sambil bershalawat dan ia mengatakan Pada saya, bila engkau sayang kepada ku Taat lah kejalan yg lurus, kembali lah ke jalan Allah swt, Tetapi saya tidak bisa melihat wajah nya, yg saya lihat bentuk wajah dan tangan nya seperti lampu terang bercahaya, setelah itu saya terbangun hati pun saya masih merasakan bergetar seperti sejuk, dan tanpa disadari saya menangis, bibir saya pun tidak berhenti bershalawat, maaf pak ustads saya mau tanya apa arti mimpi saya tesebut pak😢 (Febby Tri Ananda – Palembang)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Mimpi bertemu Baginda nabi Muhammad Saw adalah mungkin terjadi sebagaimana hadis berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : وَمَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِي حَقًّا فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ فِي صُورَتِي وَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu meriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Barangsiapa melihatku dalam mimpi, maka sungguh ia telah melihatku secara benar. Sesungguhnya setan tidak bisa menyerupai bentukku. Barangsiapa yang berdusta atasku secara sengaja maka ia telah mengambil tempat duduk dalam neraka”. [HR Bukhâri dan Muslim]

Tidak semua orang dapat bermimpi bertemu Baginda nabi kecuali memang orang yang mendapatkan anugerah dari Allah. Para ulama mengatakan bahwa setan tidak dapat menyerupai nabi, namun bisa mengklaim dirinya nabi. Maka para ulama memberikan catatan bahwa nabi yang di lihat dalam mimpinya mempunyai ciri fisik seperti nabi Muhammad Saw. Jika ciri fisiknya tidak sesuai dengan kanjeng nabi, maka ia bukan nabi Muhammad Saw.

Oleh karena itu, para sahabat ketika ada yang mengaku bermimpi bertemu Rasulullah saw, selalu bertanya, ciri-ciri fisiknya bagaimana? Apakah ciri-ciri fisiknya seperti Rasulullah saw? Jika tidak, berarti ia bukan Rasulullah saw.

Dalam kitab Fathul Barri, Ibnu Hajar rahimahullah menyebutkan pula riwayat dari Ibnu Abbas Radhyallahu anhu yang dengan sanad yang Jayyid; Ibnu Kulaib berkata: “Aku katakan pada Ibnu Abbâs: “Aku melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallamdalam mimpi!” Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu berkata: “Sebutkanlah ciri sifat-sifatnya padaku!” Ibnu Kulaib berkata : “Aku sebutkan Hasan bin Ali, lalu aku serupakan dengannya.” Ibnu Abbâs Radhiyallahu anhu berkata : “Sungguh engkau telah melihatnya”

Di antara ciri-ciri Rasulullah saw adalah sebagai berikut:

Anas Radhiyallahu anhu mengatakan:

كَانَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَأَجْمَلَ النَّاسِ وَأَشْجَعَ النَّاسِ

Beliau adalah orang yang paling dermawan, paling tampan dan paling pemberani [HR al-Bukhâri dan Muslim]

Rasulullah Berwajah Sangat Tampan

Diriwayatkan oleh Ummu Ma’bad Al-Khuza’iyah, dirinya berkata tentang diri Rasulullah SAW, ” Beliau terlihat sangat tampan, berwajah cerah, bagus bentuk fisiknya, badannya ramping, kepalanya tegak, tampan. Kedua matanya lebar dan hitam, bulu matanya lentik, suaranya agak parau, lehernya jenjang, matanya tajam dan gelap, kedua alisnya bagaikan bulan sabit dan bersambung, rambutnya sangat hitam, apabila diam terpancar darinya kewibawaan…”

Aroma Tubuh Rasulullah Sangat Wangi

Diriwayatkan dari Abu Juhaifah, beliau berkata,”Aku pernah menggapai tangannya (Rasulullah SAW) kemudian ku letakkan pada wajahku, ternyata tangannya lebih sejuk dari embun, dan aromanya lebih wangi daripada aroma misik (kasturi).”(HR.Bukhari).

Wajah Rasulullah Selalu Bercahaya

Dari Ka’ab Bin Malik berkata,”Apabila beliau bergembira, wajahnya bercahaya sehingga terlihat seperti potongan bulan.”(HR.Bukhari).

Tubuh Rasulullah Kekar dan Telapak Tangannya Lembut

Ali Bin Abi Thalib berkata,”Beliau adalah orang yang paling bagus telapak tangannya, paling kekar dadanya, paling jujur perkataannya, paling menepati janjinya, paling lembut jiwanya, paling mulia pergaulannya….”(HR.Tirmidzi).

Wajah Rasulullah Bagaikan Bulan

Diriwayatkan Jabir Bin Samurah berkata,”Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada suatu malam yang cerah, aku memandang beliau, kemudian memandang bulan, beliau memakai baju merah, ternyata beliau lebih indah daripada bulan.”(HR.Tirmidzi).

Jadi, jika sekadar cahaya, atau seseorang yang orang lain mengatakan bahwa beliau adalah Rasulullah saw, maka tidak bisa dipastikan bahwa ia adalah Rasulullah saw. Karena bermimpi bertemu beliau yang sangat agung, harus tahu terlebih dahulu dengan ciri-ciri fisik beliau.

Untuk Anda, meski mimpi anda tidak dapat dipastikan bahwa beliau itu adalah Baginda Nabi, setidaknya menjadi kabar gembira bagi Anda. Sering-seringlah bershalawat kepada Baginda Nabi. Semoga dengan banyaknya membaca shalawat, kelak di akhirat kita dapat bertemu dengan beliau dan mendapatkan syafaat beliau.

اللهم صّلِ وسَلّمْ عَلۓِ نَبِيْنَامُحَمد ﷺ
✿صلوا على الحبيب ﷺ

Wallahu a’lam bishawab.

Komentari

Tag

Materi terkait

Lihat Juga

Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker