Fikih

Rukun Mandi Wajib

Tanya:
Assalamualaikum ustad. Semoga selalu dilimpahkan rezeki dan kesehantan kepada panjenengan. Saya mau tanya, apakah sah ketika mandi junub hanya niat dan meratakan air ke seluruh tubuh? padahal dalam syarat sahnya ibadah harus ittiba dan ikhlas. Secara yang kita tau bahwa Nabi muhammad telah menrangkan cara-cara mandi junub. Oleh karena itu, apakah wajib mengikuti dengan tujuan mencari sahnya ibadah, yang mana dalam hal ini merujuk pada kata ittiba. Terimakasih ustad. (Muh Alfan Masykur Kurniawan – Malang)

Jawab:
Wa’alaikum salam. Junub wajib mandi sebagaimana firman Allah berikut:

وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ

Artinya: Jika kamu junub, maka mandilah. (QS Al Maidah:6)

Adapun Rukun mandi junub sebagaimana perkataan Al-Qadhi Abu Syuja’ rahimahullah dalam Matan Taqrib sebagai berikut:

وَفَرَائِضُ الغُسْلِ ثَلاَثَةُ أَشْيَاءَ النِّيَّةُ وَإِزَالَةُ النَّجَاسَةِ إِنْ كَانَتْ عَلَى بَدَنِهِ وَإِيْصَالُ الماَءِ إِلَى جَمِيْعِ الشَّعَرِ وَالبَشَرَةِ.

Rukun/ fardhu mandi itu ada tiga, yaitu niat, menghilangkan najis jika ada di badannya, meratakan air ke seluruh rambut dan kulit.

Terkait niat berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ

“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya.” (HR. Bukhari, no. 1 dan Muslim, no. 1907)

Terkait membersihkan najis disebutkan dalam hadis berikut:

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,

رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا اِغْتَسَلَ مِنْ اَلْجَنَابَةِ يَبْدَأُ فَيَغْسِلُ يَدَيْهِ, ثُمَّ يُفْرِغُ بِيَمِينِهِ عَلَى شِمَالِهِ, فَيَغْسِلُ فَرْجَهُ, ثُمَّ يَتَوَضَّأُ, ثُمَّ يَأْخُذُ اَلْمَاءَ, فَيُدْخِلُ أَصَابِعَهُ فِي أُصُولِ اَلشَّعْرِ, ثُمَّ حَفَنَ عَلَى رَأْسِهِ ثَلَاثَ حَفَنَاتٍ, ثُمَّ أَفَاضَ عَلَى سَائِرِ جَسَدِهِ, ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ

“Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi junub, beliau memulai dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian menuangkan air pada kedua telapak tangan. Lalu beliau mencuci kemaluannya. Selanjutnya, beliau berwudhu. Lantas beliau mengambil air, lalu menyela-nyelai pangkal rambut dengan jari-jarinya. Kemudian beliau menyiramkan air di kepala dengan mencedok tiga kali (dengan kedua telapak tangan penuh, pen.). Lalu beliau menuangkan air pada anggota badan yang lain. Kemudian, beliau mencuci kedua telapak kakinya.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari, no. 248 dan Muslim, no. 316)

Juga dalam hadits Maimunah disebutkan,

ثُمَّ أَفْرَغَ عَلَى فَرْجِهِ, فَغَسَلَهُ بِشِمَالِهِ, ثُمَّ ضَرَبَ بِهَا اَلْأَرْضَ

“Kemudian beliau mencuci (menuangkan sambil air mengalir, pen.) kemaluannya dengan tangan kirinya, lalu beliau menggosok tangannya ke tanah.” (HR. Bukhari, no. 249 dan Muslim, no. 317)

Terkait meratakan air, dalam hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha disebutkan,

ثُمَّ يُفِيضُ الْمَاءَ عَلَى جَسَدِهِ كُلِّهِ

“Kemudian beliau mengguyur air pada seluruh badannya.” (HR. An Nasa-i, no. 247)

Selama tiga rukun mandi wajib tersebut sudah terpenuhi maka mandi junub anda sudah sah. Wallahu a’lam.
(Ustadz Wahyudi Sarju Abdurrahim, Lc., M.M.)

Komentari

Tag

Materi terkait

Lihat Juga

Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker