Fikih

Salat Tahiyatul Masjid Setelah Waktu Subuh dan Ashar

Tanya:
Assalamu alaikum. Ustad solat sunah badiah subuh dan asar tidak ada. Bila kita ke masjid sambil nunggu waktu duha solat tahiyatul masjid atau setelah solat Ashar nunggu waktu magrib solat tahiyatul masjid. Apakah ada larangan karna waktu tsb. Setelah solat subuh dan setelah solat asar. (Selamet, Cirebon)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Menurut madzhab Syafii bahwa dibolehkan seseorang shalat tahiyatul masjid setelah shalat ashar atau setelah waktu subuh. Yang tidak boleh dan tidak ada adalah shalat bakdiyah asar dan bakdiyah subuh.

Dalil bolehnya shalat tahyatulmasjid tersebut adalah hadis nabi berikut ini:

إذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ

“Jika salah seorang dari kalian memasuki masjid, maka janganlah dia duduk sampai dia mengerjakan shalat sunnah dua raka’at (shalat sunnah tahiyatul masjid).” (HR. Bukhari no. 1163 dan Muslim no. 1687)

Jadi, silahkan jika Anda masuk masjid di waktu tersebut dan hendak melaksanakan shalat sunnah tahiyatul masjid. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc. M.M)

===
Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Tag

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close