Salat Zuhur di Hari Jumat Karena Lupa

Tanya: Assalaamualaikum.. Saya sudah sholat dhuhur, tp lupa kalau hari itu ternyata hari jumat.. Apakah saya harus ikut sholat jumat lagi..?? Syukron. (Abu Ibrahim –

Admin

Tanya:
Assalaamualaikum..
Saya sudah sholat dhuhur, tp lupa kalau hari itu ternyata hari jumat.. Apakah saya harus ikut sholat jumat lagi..??
Syukron. (Abu Ibrahim – Pati)

Jawab:
Waalaikum salam
Shalat jumat untuk laki-laki hukumnya wajib sebagaimana firman Allah berikut:

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: Wahai orang yang beriman, bila diseru shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah menuju zikrullah (shalat Jumat) dan tinggalkan aktivitas jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. (Surat Al-Jumu‘ah ayat 9).

Juga sabda nabi Muhammad saw berikut:

 من ترك ثلاث جمعات من غير عذر كتب من المنافقين

Artinya: Siapa saja yang meninggalkan tiga kali ibadah shalat Jumat tanpa uzur, niscaya ia ditulis sebagai orang kafir nifaq/munafiq. (HR At-Thabarani)

Shalat jumat sebagai pengganti shalat zhuhur. Jika sudah shalat jumat maka tidak shalat zhuhur.

Jika anda sudah shalat zhuhur dan masih ada waktu shalat jumat, maka segera ikut shalat jumat. Namun jika shalat jumat sudah usai, maka cukup dg shalat zhuhur. Karena shalat jumat harus berjamaah dan minimal jamaah menurut madzhab syafii berjumlah 40 orang. Wallahu a’lam.

Tags

Related Post