FikihUshul Fikih

Sanad Dalam Belajar Agama

Tanya:
Sebagian kelompok tertentu menyatakan bahwa kalau mau belajar ilmu agama harus jelas sanad keilmuannya, kalau tdk jelas, maka diragukan keilmuannya.. bagaimna dg sanad keilmuan yg dilakukan oleh muhammadiyah?
(T. Abdul Jalil, Bogor)

Jawab:
Sanad keilmuan adalah silsilah pembawa ilmu pengetahuan  yang akan sampai pada pembicara atau  penulis buku ulama pertama yang menyampaikan ilmu tersebut. Pada zaman Islam, sanad menjadi bukti bahwa seseorang belajar pada guru yang secara keilmuan diakui oleh para ulama. Orang yang telah menyelesaikan pendidikan, baik menyelesaikan satu buku atau lainnya dari seorang guru, akan diberi ijazah. jadi ijazah ini sebagai bukti dan pengakuan bahwa ia benar-benar telah belajar.

Saat ini, model ijazah digunakan di semua sekolah dan universitas di dunia. Model ijazah menunjukkan bahwa seseorang telah belajar dari sebuah lembaga pendidikan yang diakui (terakreditasi).  Dengan ijazah ini pula, dapat menjadi seseorang untuk mencari pekerjaan, menjadi seorang guru, masuk ke pabrik-pabrik dan lain sebagainya.

Ada persamaan sistem pendidikan zaman Islam dahulu dengan sekarang, yaitu sama-sama mengeluarkan ijazah. Bedanya dulu ijazah diberikan oleh tiap-tiap guru, sementara saat ini ijazah diberikan oleh lembaga pendidikan.

Umumnya para ulama Muhammadiyah, menerima ijazah dari lembaga modern ini, dari sekolah atau universitas. Jadi ulama umumnya Muhammadiyah tetap mempunyai ijazah hanya dalam bentuk yang berbeda.

Kecuali yang belajar secara otodidak atau bersama dengan guru yang bukan dari lembaga yang diakreditasi negara, sehingga mereka tidak mendapatkan ijazah. Meski demikian, jika keilmuannya mumpuni, mereka tetap diakui. Yang harus digarisbawahi adalah bahwa ijazah sekadar sebagai sarana pengakuan seseorang bahwa ia telah belajar baik dari guru atau lembaga pendidikan. Wallahu a’lam.


Bagi yang hendak wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun yang diasuh oleh Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +20112000489


 

Ingin bertanya? Kirim Pertanyaan

 

Tag

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close