Fikih

Setelah Bersuci dari Haid, Keluar Lendir Kemerahan Lagi

Tanya:
Apabila setelah 1 malam darah mens sudah tidak keluar kemudian bersuci.setelah solat keluar lendir kemerahan.apakah harus bersuci lagi? (Irma Wulan, Kota Blitar)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Perempuan yang haid dilarang shalat dan puasa serta berhubungan badan sampai ia bersuci. Dalilnya Al-Baqarah nomor 222 sebagai berikut:

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

“Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.”

juga hadis nabi Muhammad Saw berikut ini:

إِذَا حَاضَتْ لَمْ تُصَلِّ ، وَلَمْ تَصُمْ فَذَلِكَ نُقْصَانُ دِينِهَا

“Bukankah bila si wanita haid ia tidak shalat dan tidak pula puasa? Itulah kekurangan agama si wanita. (Muttafaqun ‘alaih, HR. Bukhari no. 1951 dan Muslim no. 79)”

Salah satu ciri bersihnya darah haid adalah sudah tidak ada lagi sisa darah yang keluar. jika anda shalat dan selesai shalat masih ada lendir merah, itu artinya masa haid Anda belum selesai. anda tunggu sampai tidak ada lendir kemerahan lagi dan tidak perlu shalat dan puasa. jika sudah yakin bersih dan tidak ada lendir kemerahan atau kekuningan, bearti sudah suci. anda harus mandi lagi lalu silahkan beribadah sebagaimana biasa. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M.)

Komentari

Tag

Materi terkait

Lihat Juga

Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker