Akhlak

Tidak Bisa Mencintai Istri

Tanya:
Assalamu’alaikum Usia saya 30 dan sudah berumah tangga udah di karuniai anak 2 dri awal saya menikah memang sya terpaksa karna di jodohin sama ke 2 orang tua saya berbagi cara udah saya lakuin supaya bisa menerima dia tpi tetep saya tidak bisa menerima dia. Pertanyaan saya apa yg harus saya lakukan dengan situasi seperti itu terimakasih. (Muhammad Hasan Basri, Jakarta Utara)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Cinta memang penting, namun ia bukan segala-galanya. Hal terpenting bagi suami untuk istrinya, atau istri untuk suaminya adalah terkait dengan agama dan akhlaknya. Karena akhlak dan agama ini yang akan mengantarkan keluarga ke dalam istana kebahagiaan dunia dan akhirat. Apalagi anda menikah karena ridha orang tua Anda, insya Allah akan menjadi bagi Anda untuk membangun istana di surga.

Terkait agama yang harus diutamakan sesuai dengan sabda nabi berikut:

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ: لِمَـالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ.

“Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung (HR. Bukhari)

Juga sabda nabi berikut:

مَا اسْتَفَادَ الْمُؤْمِنُ بَعْدَ تَقْوَى اللهِ خَيْرًا لَهُ مِنْ زَوْجَةٍ صَالِحَةٍ، إِنْ أَمَرَهَـا أَطَاعَتْهُ، وَإِنْ نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهُ، وَإِنْ أَقْسَمَ عَلَيْهَا أَبَرَّتْهُ، وَإِنْ غَابَ عَنْهَا نَصَحَتْهُ فِيْ نَفْسِهَا وَمَالِهِ.

“Seorang mukmin tidak mengambil manfaat sesudah takwa kepada Allah, yang lebih baik dibandingkan wanita yang shalihah: Jika memerintahnya, ia mentaatinya; jika memandang kepadanya, ia membuatnya senang; jika bersumpah terhadapnya, ia memenuhi sumpahnya; jika bepergian meninggalkannya, maka ia tulus kepadanya dengan menjaga dirinya dan harta suaminya (HR. Ibnu Majah).

Tentu saja, istri anda juga bukan manusia sempurna. Karena kesempurnaan hanya milik Allah semata. Namun jangan melihat sisi keburukan istri, lihatlah kebaikannya. Karena terkadang kita melihat sesuatu yang buruk, ternyata dari sana muncul kebaikan yang sangat banyak. Hal ini sesuai dengan firman Allah berikut ini:

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

Pergaulilah mereka (istrimu) dengan cara sepatutnya. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak. (QS. an-Nisa: 19).

Maka tetaplah berbuat baik kepada istri anda. Pergauli dengan baik dan lakukan istri anda sesuai dengan amanat yang telah Allah berikan kepada Anda. Hal ini sesuai dengan firman Allah berikut ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَحِلُّ لَكُمْ أَن تَرِثُوا النِّسَاءَ كَرْهًا وَلَا تَعْضُلُوهُنَّ لِتَذْهَبُوا بِبَعْضِ مَا آتَيْتُمُوهُنَّ إِلَّا أَن يَأْتِينَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ فَإِن كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰ أَن تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

Wahai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mewarisi perempuan-perempuan dengan jalan paksaan, dan janganlah kamu menyakiti mereka (dengan menahan dan menyusahkan mereka) kerana kamu hendak mengambil balik sebahagian dari apa yang kamu telah berikan kepadanya, kecuali (apabila) mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan pergaulilah kamu dengan mereka (istri-istri kamu itu) denganc ara yang baik. Kemudian jika kamu (merasai) benci kepada mereka (disebabkan tingkah-lakunya, janganlah kamu terburu-buru menceraikannya), kerana boleh jadi kamu bencikan sesuatu, sedang Allah hendak menjadikan pada apa yang kamu benci itu kebaikan yang banyak (untuk kamu). (An-Nisa: 19)

Semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan rahmah. Semoga anda dapat bahagia dunia dan akhirat. Amin.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

===

Sisihkan Rp 100.000 untuk membangun istana Anda di surga dengan berwakaf untuk Pondok pesantren Almuflihun  ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +20112000489

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker