AkidahTafsir

Soal Dukhan dan Imam Mahdi, Kapan Munculnya?

Tanya:
Apakah hari jum’at 15 ramadhan 2020 akan terjadi dukhan??? Dan apakah imam mahdi akan segera d bai’at d tahun 2020 ini??? (Mudratika, Pontianak)

Jawab:
Di antara tanda-tanda hari kiamat adalah munculnya asap tebal atau yang sering disebut dengan dukhan. Hal ini disebutkan dalam firman allah berikut:

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ. يَغْشَى النَّاسَ هَذَا عَذَابٌ أَلِيمٌ . رَبَّنَا اكْشِفْ عَنَّا الْعَذَابَ إِنَّا مُؤْمِنُونَ

Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih(Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, lenyapkanlah dari kami azab itu. Sesungguhnya kami akan beriman. (QS. ad-Dukhan: 10 – 12)

Juga hadis Nabi berikut:

بَادِرُوا بِالأَعْمَالِ سِتًّا طُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا أَوِ الدُّخَانَ أَوِ الدَّجَّالَ أَوِ الدَّابَّةَ أَوْ خَاصَّةَ أَحَدِكُمْ أَوْ أَمْرَ الْعَامَّةِ

Bersegeralah untuk melakukan amal soleh sebelum datang 6 hal: matahari terbit dari barat, munculnya dajjal, keluarnya Dabbah (hewan yang bisa bicara), kematian kalian, atau perkara genting yang meluas di masyarakat. (HR. Ahmad  dan Muslim).

Juga keterangan Ibnu Umar ra berikut:

يخرج الدخان، فيأخذ المؤمن كهيئة الزكمة، ويدخل في مسامع الكافر والمنافق، حتى يكون كالرأس الحنيذ

Akan keluar Dukhan, lalu orang mukmin terkena imbasnya, hingga seperti orang pilek. Lalu asap ini masuk ke telinga orang kafir dan munafik, sehingga kepala mereka seperti kepala hewan panggang. (Tafsir at-Thabari, 22/17).

Hanya kapan datangnya, tidak ada yang tahu selain Allah, termasuk juga al-Mahdi, kapan datangnya juga tidak ada yang tahu selain Allah. Hal tersebut terkait dengan peristiwa masa depan yang kapan tepatnya akan datang, menjadi rahasia Allah. Maka jika ada yang menentukan tanggal dan tahun kedatangannya, tak usahlah dipercaya. Serahkan semua sama Allah. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

===
Sisihkan sebagian harta untuk membangun istana Anda di surga dengan berwakaf untuk Pondok pesantren Almuflihun  ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +20112000489 atau +628981649868 (WA)

Tag

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close