Akidah

Apakah Jin Pendamping Orang Tua Bisa Berpindah ke Anak?

Tanya:
apakah qorin (jin) orang tua yg sdah meninggal bisa ikut ke anaknya dan mempengaruhi anak nya yg masih hidup ..lalu dimana keberadaan qorin orang yg sdah meninggal? (Haris Zuhri – Mojokerto)

Jawab:
Wa’alaikum salam. Qorin artinya teman atau rekan. Yang dimaksudkan dengan jin qarin adalah jin yang selalu mendampingi dan menemani manusia. Jin ini selalu memberikan bisikan buruk dan memerintahkan perbuatan maksiat. Jin qarin itu sesungguhnya adalah setan. Firmankan:

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِالْفَحْشَآءِ وَاللهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلاً وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Setan menjanjikan kefakiran untuk kalian dan memerintahkan kemungkaran. Sementara Allah menjanjikan ampunan dan karunia dari-Nya. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 268)

Di antara dalil yang menunjukkan adanya qorin adalah firman Allah berikut ini:

قَالَ قَرِينُهُ رَبَّنَا مَا أَطْغَيْتُهُ وَلَكِنْ كَانَ فِي ضَلالٍ بَعِيدٍ

“Yang menyertai manusia berkata : “Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh.” (QS. Qaf: 27)

Hadis nabi dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,

وَإِيَّايَ إِلاَّ أَنَّ اللَّه أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلا يَأْمُرنِي إِلاَّ بِخَيْرٍ

“Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karena itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim)

Umur jin sangat panjang, bisa ratusan tahun. Jika manusia mati, jin qarin atau setan pembisik kejahatan bisa saja masih hidup. Ia akan berpindah ke orang lain untuk menyesatkan mereka. Jadi tidak mesti ke anak. Bisa saja ia mengikuti siapa saja yang ia mau. Wallahu a’lam. (Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M.)

Komentari

Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker