Siroh

Dari Mana Dasar Urutan Nama-nama Nabi?

Tanya:
Apakah benar urutan nama-nama nabi itu? kenapa kok di Al Quran banyak disebut nabi yang tidak urut? dan apa sebenarnya makna/ tafsir dari hal itu? (Alif Ramadhan, guru di Cilacap)

Jawab:
Nama-nama nabi yang biasa kita hafal dan baca dalam buku-buku keislaman, diambil oleh para ulama dari Al-Quran dan Sunnah Rasulullah Saw.

Adapun urutan nabi-nabi tersebut, merupakan ijtihad para ulama dengan melihat pada awal lahir dan diutusnya nabi ke dunia.

Adapun al-Quran, menyebutkan nama nabi biasanya karena konteks tertentu dan dengan tujuan tertentu. Misal untuk menetapkan jiwa nabi Muhammad Saw dan memantapkan iman para sahabat dalam perjuangan dakwah tauhid atau lainnya.

Al-Quran sendiri merupakan kitab hidayah sebagai petunjuk bagi umat manusia, sebagaimana firman Allah berikut ini:

ذَٰلِكَ ٱلْكِتَٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ

Arti: Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.

Al-Quran bukan buku sejarah. Kisah-kisah nabi dimaksudkan untuk petunjuk dan hikmah bagi umat manusia, bukan konteks kesejarahannya saja. Maka Al-Qur’an mengedepankan aspek hidayah tadi, bukan urutan kesejarahan. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Infak untuk pengembangan website dan aplikasi Tanya Jawab Agama: Bank BNI Syariah No. Rekening 0506685897 a.n Muhamad Muflih.

Wakaf untuk pembangunan Pesantren Almuflihun: Bank BNI No. Rekening 0425335810 a.n Yayasan Al Muflihun Temanggung.

Konfirmasi transfer +628981649868 (SMS/WA)

Komentari
Tag

Materi terkait

Back to top button
Close
Close