AkidahTafsir

Apakah Imam Mahdi Sudah Hadir di Dunia?

Tanya:
Assalamualaikum ustad, mohon izin bertanya saya pernah melihat video ceramah ustad di yt dan membaca beberapa artikel di google, ada yang bilang bahwa imam mahdi telah lahir dan sekarang sudah hampir 40thn dan pada thn 2022-2024 beliau akan baiat di mekkah, trs kelahiran beliau ditandai dgn terjadinya 2x gerhana di bilan ramadhan trs itu ada juga haditsnya, pertanyaan saya apakah hadits tersebut shahih atau dhaif? Wassalamualaikum (Puthry Indah, Malang)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Terkait imam Mahdi terdapat banyak hadis di antara hadis berikut:

عن عَبْدِ الله قَالَ: قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: لاَ تَذْهَبُ الدّنْيَا حَتّى يَمْلِكَ العَرَبَ رَجُلٌ مَنْ أَهْلِ بَيْتِي يُوَاطِئُ اسْمَهُ اسْمِي

Artinya, “Dari Abdullah (bin Masud) berkata, Rasulullah bersabda, “Tidak hancur dunia (kiamat) sampai orang Arab memiliki seorang laki-laki dari keturunanku yang namanya sama dengan namaku.” (HR. At-Tirmidzi)

Dalam hadits riwayat al-Hakim dalam al-Mustadrak disebutkan sebagai berikut:

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه ، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ، قال : « يخرج في آخر أمتي المهدي يسقيه الله الغيث ، وتخرج الأرض نباتها ، ويعطي المال صحاحا ، وتكثر الماشية وتعظم الأمة ، يعيش سبعا أو ثمانيا » يعني حججا « هذا حديث صحيح الإسناد ، ولم يخرجاه »

Artinya, “Dari Abu Said al-Khudri RA, sesungguhnya Rasul bersabda: “Akan muncul di masa akhir umatku seorang yang diberikan petunjuk (al-Mahdi), (yang pada masa itu) Allah SWT memberikan hujan kebaikan, bumi mengeluarkan tanaman-tanamannya, harta akan dibagikan secara merata, binatang ternak melimpah dan umat menjadi mulia, dia akan hidup selama tujuh atau delapan,” yaitu musim haji. (Hadits ini sahih sanadnya, namun tidak diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim). (HR. Al-Hakim).

Apakah imam Mahdi sudah muncul? Ataukah belum? Tentu ini masih menjadi rahasia Allah. Yang terpenting bagi kita adalah percaya dengan hal ghaib dan kita siapkan diri kita agar lebih baik. Kita kumpulkan amal salih sebanyak mungkin untuk persiapan di akhirat.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Komentari

Tag

Materi terkait

Lihat Juga

Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker