Akidah

Apakah Menyimpan Jimat Bisa Mendatangkan Bahaya?

Tanya:
Assalamualaikum Apakah orangtua yang suka menyimpan/memakai jimat/rajah bisa menimbulkan bahaya bagi dirinya sendiri, keluarga, bahkan keturunannya? Misal: mempunyai masalah yang tak kunjung selesai. (Mei – Blitar)

Jawab:
Wa’alaikum salam. Sesungguhnya kita tidak boleh percaya dengan jimat. Kita hanya percaya dengan Allah. Jimat tidak akan memberikan bantuan apapun. Hanya Allah yang akan menolong kita.

Kadang jimat ditempati jin. Lalu kita minta bantuan jin. Ini juga haram dan terlarang. Dalil yang digunakan adalah sebagai berikut:

وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الإِنْسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا

“Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan” (QS. Al Jin: 6).

Kemudian firman Allah Ta’ala:

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُمْ مِنَ الإِنْسِ وَقَالَ أَوْلِيَاؤُهُمْ مِنَ الإِنْسِ رَبَّنَا اسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَبَلَغْنَا أَجَلَنَا الَّذِي أَجَّلْتَ لَنَا قَالَ النَّارُ مَثْوَاكُمْ خَالِدِينَ فِيهَا إِلا مَا شَاءَ اللَّهُ

“Dan (ingatlah) hari di waktu Allah menghimpunkan mereka semuanya (manusia dan jin), (dan Allah berfirman) : “Hai golongan jin (setan), sesungguhnya kamu telah banyak (menyesatkan) manusia,” lalu berkatalah kawan-kawan mereka dari golongan manusia : “Ya Rabb kami, sesungguhnya sebagian dari kami (manusia) telah mendapat kesenangan dari sebagian yang lain (jin) dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami”. Allah berfirman : “Neraka itulah tempat tinggal kamu semua.

Maka selalu bergantunglah kepada Allah. Jangan sekali-kali meminta bantuan kepada jin atau jimat. Karena hak ini sangat berbahaya untuk dirinya dan akidahnya. Jika dengan jin, akan membahayakan dirinya, keluarganya dan anak-anaknya. Jangan sampai kita dan keluarga kita jadi korban. Wallahu a’lam. (Ustadz Wahyudi Sarju Abdurrahim, Lc., M.M.)

Komentari

Materi terkait

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker