Akidah

Mengapa Hari Kiamat Disebut at-Taghâbun

Jamaah D1: Mau tanya ustadz, kenapa Hari Kiamat disebut dengan at-taghâbun?

Jawaban:

Hari Kiamat disebut dengan at-taghâbun itu sesuai dengan nama surat dari al-Quran, yaitu surat at-Taghâbun. Surat yang terdiri dari 18 ayat itu, di antaranya berbicara tentang Hari Kiamat atau yang disebut dengan Hari at-Taghâbun. Ini diambil dari ayat ke-9 berikut ini:

يَوْمَ يَجْمَعُكُمْ لِيَوْمِ الْجَمْعِ ذٰلِكَ يَوْمُ التَّغابُنِ وَ مَنْ يُؤْمِنْ بِاللهِ وَ يَعْمَلْ صالِحاً يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئاتِهِ وَ يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْري مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهارُ خالِدينَ فيها أَبَداً ذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظيمُ

 

Artinya: “(Semua itu akan terjadi) pada hari yang Allah mengumpulkan kamu pada hari pengumpulan (untuk dihisab). Itulah hari taghâbun (penyesalan dan kerugian). Barang siapa yang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal saleh, niscaya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan memasukkannya ke dalam Surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah keberuntungan yang besar.” (QS. at-Taghabun: 9)

At-taghâbun artinya "penyesalan atau kerugian". Hal ini karena pada Hari Kiamat, semua manusia akan dihisab dan dihitung seluruh amal perbuatannya. Bagi mereka yang melakukan maksiat kepada Allah, atau bahkan sampai tidak beriman kepada Allah, maka yang ada di hari itu hanya penyesalan belaka. Tidak ada lagi waktu bertaubat. Tidak ada lagi waktu untuk memperbaiki diri.

Menurut Qatadhah, bahwa at-taghâbun artinya “nyukurin”. Disebut dengan yaum at-taghâbun, karena di waktu itu orang-orang mukmin akan “nyukurin” terhadap orang-orang kafir yang masuk Neraka. Hal itu, karena sewaktu di dunia, orang-orang kafir banyak menghina dan tidak percaya dengan orang mukmin. Bahkan mereka memusuhi orang-orang mukmin dengan berbagai cara. Di Hari Kiamat nanti, bukti kebenaran janji Allah seperti yang dikatakan orang-orang mukmin waktu di dunia akan tampak. Maka gantian, orang mukmin yang “nyukurin” orang-orang kafir.

Wallahu a’lam

 

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M.)

Sumber: Fikih Praktis Anda Bertanya, Ustadz Menjawab
Bagi yang ingin memesan buku fisik, sila hubungi 0818266026.

===========================

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Materi terkait

Tinggalkan Balasan

Lihat Juga

Close
Back to top button
Close
Close